NILAI-NILAI DEMOKRASI DALAM PELAKSANAAN PELAYANAN PUBLIK DI ERA PANDEMIK COVID-19 DI KOTA SAMARINDA

Penulis

  • Enos Paselle Universitas Mulawarman
  • Chatas Teguh Prakoso Universitas Mulawarman
  • Tri Susilowati Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.25157/moderat.v7i4.2549

Abstrak

Penelitian ini di latarbelakangi meluasnya persebaran Virus Covid-19 di Kota Samarinda berdampak pada proses penyelenggaraan pemerintah terkhusus pada pelayanan publik yang idealnya mampu beradaptasi terhadap perubahan lingkungan. Pelaksanaan pelayanan publik pada saat pandemi Covid-19 ini mengalami perubahan dengan maksud mencegah persebaran Covid-19 di Kota Samarinda. Pada saat ini beberapa instasni yang ada di Samarinda membatasi proses pelayanan kepada masyarakat Kota Samarinda. Pelayanan publik pada masa Pendmi saat ini mengalami penurunan dalam proses penyelenggaraannya. Beberapa Kantor seperti Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kantor Kecamatan Samarinda Utara, dan Dinas Penananaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan pelayanan lainnya mengurangi aktifitas dalam pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik analisis menggunakan langkah-langkah seperti pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi dan penegasan kesimpulan. Sedangkan teknik pemeriksaan kredibilitas/derajat kepercayaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik trianggulasi sumber. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa selama masa pandemik Covid 19 di Kota Samarinda, pelaksanaan pelayanan publik di Kota Samarinda masih secara konsisten memperhatikan nilai-nilai demokrasi bagi warga masyarakatnya sehingga masyarakat mendapatkan pelayanan. Pemaknaan dari nilai-nilai demokratis tersebut dapat diamati pada aspek akuntabilitas, responsibilitas dan kesetaraan dalam pelayanan oleh instansi-intansi pemerintah di Kota Samarinda.

File Tambahan

Diterbitkan

2021-11-30

Cara Mengutip

Enos Paselle, Chatas Teguh Prakoso, & Tri Susilowati. (2021). NILAI-NILAI DEMOKRASI DALAM PELAKSANAAN PELAYANAN PUBLIK DI ERA PANDEMIK COVID-19 DI KOTA SAMARINDA. Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 7(4), 809–830. https://doi.org/10.25157/moderat.v7i4.2549

Terbitan

Bagian

Articles