ANALISIS KESUKSESAN SISTEM INFORMASI ONLINE LAYANAN ADMINISTRASI DI KEMENTERIAN DALAM NEGERI

Penulis

  • Muhammad Ikhsan Universitas Indonesia, Jakarta, Indonesia
  • Azhar Kasim Universitas Indonesia, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25157/moderat.v9i2.2588

Abstrak

Penelitian ini fokus pada kesuksesan penerapan e-government melalui Sistem Informasi Online Layanan Administrasi (SIOLA) di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Tujuan dari keberadaan aplikasi ini adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan menciptakan pelayanan yang efektif, efisien, cepat, mudah, serta semua pelayanan dapat diproses secara online tanpa ada lagi pelayanan secara manual. Pada penerapannya aplikasi ini masih mengalami beberapa kendala yaitu seperti masih ditemui pelayanan yang belum sepenuhnya dilakukan secara online dan ada beberapa layanan yang tidak aktif digunakan. Dengan menggunakan pendekatan post positivism, peneliti melakukan penilaian terhadap kesuksesan penerapan sistem informasi pelayanan administrasi untuk mengetahui sejauh mana peran sistem informasi ini dalam menunjang proses pelayanan di Kemendagri. Menggunakan Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi dokumentasi serta studi literatur dengan menggunakan teori IS Success Model oleh DeLone dan McLean (2003) yang terdiri dari 6 (enam) variabel yaitu system quality, information quality, service quality, intention to use/use, user satisfaction , dan net benefit, peneliti mendapatkan data sebagai dasar penilaian kesuksesan penerapan e-government melalui aplikasi SIOLA. Hasil penelitian menunjukan bahwa  tingkat kesuksesan penerapan e-government melalui aplikasi SIOLA di Kemendagri sudah berjalan dengan baik tetapi belum optimal, karena masih ada indikator pada variabel yang digunakan untuk mengukur tingkat kesuksesan sistem informasi yang belum terpenuhi.

Referensi

Alzahrani, A. I., Mahmud, I., Ramayah, T., Alfarraj, O., & Alalwan, N. (2019). Modelling digital library success using the DeLone and McLean information system success model. Journal of Librarianship and Information Science, 51(2), 291-306.

Anggraeni, E. Y. (2017). Pengantar sistem informasi. Penerbit Andi.

DeLone, W. H., & McLean, E. R. (2003). The DeLone and McLean model of information systems success: A ten-year update. Journal of Management Information Systems, 19(4), 9-30.

Guba, Egon, G., and Yvonna S. Lincoln. (1994). “Competing Paradigms in Qualitative Research,” dalam Norman K. Denzim and Yvonna S. Lincoln (eds). Handbook of Qualitative Research. California: Sage Publication

Indrajit, R. E. (2016). Electronic Government: Strategi Pembangunan dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi. Digital.Yogyakarta: Andi.

Kim, C., & Kim, K. (2021). The institutional change from E-government toward smarter city; comparative analysis between royal borough of greenwich, UK, and seongdong-gu, south korea. Journal of Open Innovation, 7(1), 42.

Laudon, K. C., & Laudon, J. P. (2015). Management information system. Pearson Education India.

Luna-Reyes, L. F., & Gil-Garcia, J. R. (2014). Digital government transformation and internet portals: The co-evolution of technology, organizations, and institutions. Government Information Quarterly, 31(4), 545-555.

Maslihatin, T., (2016). Balanced scorecard : Performance measurement for e-government. Journal of Theoretical and Applied Information Technology 90, 2,116-123.

Prahono, A., & Elidjen, A. (2015). Evaluating the Role E-Government on Public Administration Reform: Case of Official City Government Websites in Indonesia. Procedia Computer Science, 59, 27-33.

Prihanto, I. G. (2012). Analisis Implementasi E-goverment Pada Pemerintah Daerah Tingkat Provinsi. Jurnal LAPAN.

Sabeh, H. N., Husin, M. H., Kee, D. M. H., Baharudin, A. S., & Abdullah, R. (2021). A systematic review of the DeLone and McLean model of information systems success in an E-learning context (2010-2020). IEEE Access, 9, 81210-81235.

Sarumaha, Sylvia & Maksum, Irfan. (2021). Analisis Information System Success Model Pada Implementasi Siskeudes 2.0 di Desa Uete. 1. 10.35722/pubbis.v5i1.366.

Wirawan, Vani. (2020). Penerapan E-Government dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0 Kontemporer di Indonesia., Vol. 1 No.1, Maret.

Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003

Laporan tahunan Ombudsman RI Tahun 2021

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-31

Cara Mengutip

Muhammad Ikhsan, & Azhar Kasim. (2023). ANALISIS KESUKSESAN SISTEM INFORMASI ONLINE LAYANAN ADMINISTRASI DI KEMENTERIAN DALAM NEGERI. Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 9(2), 399–410. https://doi.org/10.25157/moderat.v9i2.2588

Terbitan

Bagian

Articles