PENYELENGGARAAN PAGELARAN OLAHRAGA BALAP DI SIRKUIT MANDALIKA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN NATION BRANDING INDONESIA

Penulis

  • Vicky Rahmadana Y. H. D Universitas Muhammadiyah Malang
  • Havidz Ageng Prakoso Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.25157/moderat.v8i2.2704

Kata Kunci:

Sirkuit Mandalika; Nation branding; Olahraga Balap; WSBK; MotoGP.

Abstrak

Indonesia mengalami resesi ekonomi pada masa pandemi Covid-19, sehingga pemerintah berupaya melakukan pemulihan ekonomi nasional dengan melakukan berbagai cara seperti dengan meningkatkan nation branding. Penyelenggaraan pagelaran olahraga balap yaitu WSBK (World Super Bike) dan MotoGP di Sirkuit Mandalika menjadi potensi besar dalam meningkatkan nation branding Indonesia. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana pengaruh pagelaran olahraga balap di Sirkuit Mandalika terhadap peningkatan nation branding Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan memakai kerangka konseptual yaitu nation branding dan sport tourism. Hasil yang didapatkan yaitu pagelaran WSBK dan MotoGP di Sirkuit Mandalika berhasil meningkatkan nation branding Indonesia di tingkat internasional, sehingga berpotensi menarik keuntungan ekonomi dari pariwisata dan berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional. Pagelaran WSBK dan MotoGP menjadi peluang sport tourism yang besar bagi Indonesia di masa depan, karena tidak hanya meningkatkan citra negara di dunia internasional tetapi juga berpotensi menjadi penyumbang devisa yang besar bagi negara.

File Tambahan

Diterbitkan

2022-05-31

Cara Mengutip

Y. H. D, V. R. ., & Havidz Ageng Prakoso. (2022). PENYELENGGARAAN PAGELARAN OLAHRAGA BALAP DI SIRKUIT MANDALIKA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN NATION BRANDING INDONESIA. Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 8(2), 284–302. https://doi.org/10.25157/moderat.v8i2.2704

Terbitan

Bagian

Articles