PENYELENGGARAAN PAGELARAN OLAHRAGA BALAP DI SIRKUIT MANDALIKA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN NATION BRANDING INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.25157/moderat.v8i2.2704Kata Kunci:
Sirkuit Mandalika; Nation branding; Olahraga Balap; WSBK; MotoGP.Abstrak
Indonesia mengalami resesi ekonomi pada masa pandemi Covid-19, sehingga pemerintah berupaya melakukan pemulihan ekonomi nasional dengan melakukan berbagai cara seperti dengan meningkatkan nation branding. Penyelenggaraan pagelaran olahraga balap yaitu WSBK (World Super Bike) dan MotoGP di Sirkuit Mandalika menjadi potensi besar dalam meningkatkan nation branding Indonesia. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana pengaruh pagelaran olahraga balap di Sirkuit Mandalika terhadap peningkatan nation branding Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan memakai kerangka konseptual yaitu nation branding dan sport tourism. Hasil yang didapatkan yaitu pagelaran WSBK dan MotoGP di Sirkuit Mandalika berhasil meningkatkan nation branding Indonesia di tingkat internasional, sehingga berpotensi menarik keuntungan ekonomi dari pariwisata dan berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional. Pagelaran WSBK dan MotoGP menjadi peluang sport tourism yang besar bagi Indonesia di masa depan, karena tidak hanya meningkatkan citra negara di dunia internasional tetapi juga berpotensi menjadi penyumbang devisa yang besar bagi negara.
File Tambahan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 MODERAT: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan © 2023 by Program Studi Ilmu Pemerintahan is licensed under CC BY-SA 4.0