WHOLE OF GOVERNMENT DALAM PENYELENGGARAAN MAL PELAYANAN PUBLIK DI KOTA PEKANBARU

Penulis

  • Khairani Ritonga Universitas Riau, Kota Pekanbaru
  • Hasim As’ari Universitas Riau, Kota Pekanbaru
  • Nur Laila Meilani Universitas Riau, Kota Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.25157/moderat.v9i1.2838

Abstrak

Mal Pelayanan Publik di Kota Pekanbaru secara konsisten mendapatkan penghargaan sebagai penyelenggara pelayanan publik terbaik pada tahun 2017, 2018, dan 2019 sehingga menjadikannya sebagai role model untuk percontohan daerah lain. Tesis ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik di Kota Pekanbaru berdasarkan pendekatan whole of government dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berdasarkan hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi berupa data sekunder yang berhubungan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Mal Pelayanan Publik Kota Pekanbaru sudah terselenggara dengan baik berdasarkan pertimbangan dari nilai-nilai dasar whole of government yaitu koordinasi yang terjalin antara pimpinan dengan atasan masing-masing instansi, maupun dari atasan kepada bawahannya masing-masing. Kemudian untuk pelayanan publik yang tergabung dalam Mal Pelayanan Publik di Kota Pekanbaru sudah terintegrasi dengan baik sehingga data dan informasi yang berhubungan dengan masyarakat dapat menjadi lebih sinkron dan Mal Pelayanan Publik di Kota Pekanbaru dapat mencapai tahap simplifikasi yaitu penyederhanaan layanan publik baik itu dari segi waktu, prosedur, alur, maupun biaya.

Unduhan

Diterbitkan

2023-02-28

Cara Mengutip

Ritonga, K., Hasim As’ari, & Nur Laila Meilani. (2023). WHOLE OF GOVERNMENT DALAM PENYELENGGARAAN MAL PELAYANAN PUBLIK DI KOTA PEKANBARU. Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 9(1), 81–93. https://doi.org/10.25157/moderat.v9i1.2838

Terbitan

Bagian

Articles