WHOLE OF GOVERNMENT DALAM PENYELENGGARAAN MAL PELAYANAN PUBLIK DI KOTA PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.25157/moderat.v9i1.2838Abstrak
Mal Pelayanan Publik di Kota Pekanbaru secara konsisten mendapatkan penghargaan sebagai penyelenggara pelayanan publik terbaik pada tahun 2017, 2018, dan 2019 sehingga menjadikannya sebagai role model untuk percontohan daerah lain. Tesis ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik di Kota Pekanbaru berdasarkan pendekatan whole of government dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berdasarkan hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi berupa data sekunder yang berhubungan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Mal Pelayanan Publik Kota Pekanbaru sudah terselenggara dengan baik berdasarkan pertimbangan dari nilai-nilai dasar whole of government yaitu koordinasi yang terjalin antara pimpinan dengan atasan masing-masing instansi, maupun dari atasan kepada bawahannya masing-masing. Kemudian untuk pelayanan publik yang tergabung dalam Mal Pelayanan Publik di Kota Pekanbaru sudah terintegrasi dengan baik sehingga data dan informasi yang berhubungan dengan masyarakat dapat menjadi lebih sinkron dan Mal Pelayanan Publik di Kota Pekanbaru dapat mencapai tahap simplifikasi yaitu penyederhanaan layanan publik baik itu dari segi waktu, prosedur, alur, maupun biaya.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan © 2023 by Program Studi Ilmu Pemerintahan is licensed under CC BY-SA 4.0