TATA KELOLA RETRIBUSI PELAYANAN PASAR PADA PASAR SEHAT SABILULUNGAN CICALENGKA KABUPATEN BANDUNG

Penulis

  • Engkus Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Bandung
  • Anna Annisa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Bandung
  • Aditiyawarman Universitas Galuh

DOI:

https://doi.org/10.25157/moderat.v8i4.2858

Abstrak

Kontribusi retribusi pelayanan pasar terhadap pendapatan asli daerah kabupaten Bandung masih belum optimal. Hal tersebut disebabkan oleh potensi retribusi dari pedagang, khususnya dari pedagang kaki lima belum dapat ditarik secara maksimal, diantaranya karena belum terakomodasinya aspirasi para pedagang kaki lima (PKL) secara  representatif, yang diakibatkan mis-komunikasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan tata kelola retribusi pelayanan pasar pada Pasar Sehat Sabilulungan Cicalengka yang merupakan milik pemerintah Kabupaten Bandung. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian mengungkap bahwa tata Kelola belum optimal, sekalipun pengelolaannya tergolong baik yang dapat dilihat dari pencapaian target dan kesesuaian dengan perjanjian yang telah disepakati sebelumnya.

Unduhan

Diterbitkan

2022-11-30

Cara Mengutip

Engkus, Anna Annisa, & Aditiyawarman. (2022). TATA KELOLA RETRIBUSI PELAYANAN PASAR PADA PASAR SEHAT SABILULUNGAN CICALENGKA KABUPATEN BANDUNG. Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 8(4), 659–671. https://doi.org/10.25157/moderat.v8i4.2858

Terbitan

Bagian

Articles