EVALUASI PROGRAM PELATIHAN KOMPUTER DI BALAI LATIHAN KERJA (BLK) KOMUNITAS PONPES AL-AITAM KABUPATEN BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.25157/moderat.v9i1.2890Abstrak
Keberadaan BLK dapat menjadi tempat bagi masyarakat untuk belajar, meningkatkan pengetahuan, keterampilan, tukar menukar informasi meningkatkan kepercayaan diri. BLK sebagai pusat pendidikan dan pengembangan potensi bagi masyarakat mengemban tugas menyelenggarakan pendidikan keterampilan dalam rangka mewujudkan tersedianya lapangan kerja sesuai dengan kebutuhan nyata dalam masyarakat. Pelatihan komputer juga diharapkan mampu menjadikan masyarakat dalam hal ini masyarakat daerah Kabupaten Bandung dapat memiliki pengetahuan tentang teknologi komputer. Untuk mengetahui konteks, masukan, proses, dan produk serta menilai keberhasilan suatu tujuan program yang dihadapi dalam hal ini pelatihan komputer, maka perlu diadakannya evaluasi program pelatihan. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi program pelatihan komputer di BLK Komunitas Ponpes Al-Aitam Kabupaten Bandung dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pembuktian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Adanya peningkatan kualitas peserta didik program pelatihan komputer dan prosentase kelulusan peserta didik adalah 100%. Sudah sesuai dengan indikator ketercapaian program pelatihan komputer. Hasil evaluasi program pelatihan komputer adalah bahwa program dapat dilanjutkan dengan beberapa pembenahan dan perbaikan guna menghasilkan pelayanan program pelatihan yang maksimal dan menghasilkan kualitas serta kuantitas lulusan yang benar-benar memiliki kompetensi dan profesional dibidang komputer.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan © 2023 by Program Studi Ilmu Pemerintahan is licensed under CC BY-SA 4.0