PEMETAAN SPASIAL EKONOMI KREATIF BERBASIS DIGITAL ASSET TEMPLATING DI KOTA CIMAHI

Penulis

  • Muhammad Fikri Rasyid Mutaqin Perencanaan Wilayah danKota, Universitas Pasundan, Bandung, Indonesia
  • Deden Syarifudin Perencanaan Wilayah danKota, Universitas Pasundan, Bandung, Indonesia
  • Furi Sari Nurwulandari Perencanaan Wilayah danKota, Universitas Pasundan, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25157/moderat.v9i3.2892

Kata Kunci:

Pemetaan Spasial, Ekonomi Kreatif, Industri Kreatif, Digital Asset Templating, Potensi Kota, Cimahi Makerspace, Kota Cimahi, Perencanaan Wilayah Kota

Abstrak

Industri Kreatif khususnya di Kota Cimahi dan Umumnya di Indonesia berkembang begitu pesat dengan adanya marketplace global yang menjadi tempat atau fasilitas yang dapat digunakan oleh creator di Kota Cimahi ini. Namun pada saat pandemic Covid-19 menyerang banyak sekali pelaku usaha bisnis yang kehilangan mata pencahariannya. Belum adanya peneliti terdahulu yang membahas Ekonomi Kreatif berbasis Digital Asset Di Kota Cimahi dalam sudut pandang spasial. Artikel ini membahas mengenai solusi yang pemerintah Kota Cimahi melalui UPTD Cimahi Technopark untuk mengatasi permasalahan yang ada di Kota Cimahi khususnya pada bidang Ekonomi Kreatif yang dapat menjadi potensi dan solusi permasalahan yang ada serta dapat menjadi branding yang dapat di gunakan oleh Kota Cimahi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan instrument analisis deskripsi yang digabungkan dengan metode collaborative planning. Hasil penelitian menunjukan  bahwa adanya program Kota Cimahi yang berpotensi dikembangkan dan dapat Menjadi sebuah branding Kota Cimahi. Sudah lebih dari 22 studio terlahir dari Program Cimahi Makerspace Digital ini dengan total penghasilan sebesar Rp. 1.235.718.618. UPTD Cimahi Technopark ini menjadi pusat pengembangan dalam kegiatan Cimahi Makerspace Digital ini. Pusat Kegiatan ini meliputi kegiatan produksi,marketing,distibusi dan pemasaran. Kegiatan ini meliputi kegiatan Pendidikan dan pelatihan dengan kolaborasi antara Pemerintah,Akademisi,dan pelaku bisnis,serta komunitas yang berada di Kota Cimahi yang dimana memiliki kemampuan dan tujuan yang sama untuk mencapai suatu kesuksesan program Cimahi Makerspace Digital di Kota Cimahi ini. Artikel ini berkontribusi pada ilmu Ekonomi kreatif sector Industri kreatif Digital yang secara praktis digunakan sebagai pertimbangan pemerintah dalam menyusun rencana strategis ataupun rencana induk kota yang terperinci

Referensi

Ambarwati, M. (2022). Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual.

Andre, J. C. (2019). System and Industrial Egginering Series. In European University Institute (Vol. 4, Issue 1). https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. (2014). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015-2019 - Buku I Agenda Pembangunan Nasional. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024, 313.

Bappenas. (2019). Rancangan Teknokratik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020 - 2024 : Indonesia Berpenghasilan Menengah - Tinggi Yang Sejahtera, Adil, dan Berkesinambungan. Kementerian PPN/ Bappenas, 313. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Cimahi Technopark. (2022). No Title. Cimahi Technopark. https://www.youtube.com/watch?v=dVqc80lhhbs&list=PL60lS4p84tBoulrvZ0bKGr6gf7fi-OF4c&index=1

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif; Kewirausahaan; dan Daya Saing Koperasi dan UKM. (2021). Laporan Kinerja Tahunan. In Dialog (Vol. 44, Issue 1, pp. i–Vi). https://doi.org/10.47655/dialog.v44i1.470

Devezas, T., Leitão, J., & Sarygulov, A. (2017). Industry 4.0: Entrepreneurship and Structural Change in the New Digital Landscape. In Studies on Entrepreneurship, Structural Change and Industrial Dynamics.

Djatmiko, A., Syarifudin, D., Priyandoko, Z., Lisanti, M., & Diena, T. K. (2021). Development of Creative Handicrafts Industrial Zones in Rajapolah District, Tasikmalaya

Regency: Spatial Recommendation for Village Areas. Geosfera Indonesia, 6(3), 398. https://doi.org/10.19184/geosi.v6i3.27679

Fedotova, G. V., Ushamirskaya, G. F., Sigidov, Y. I., Kuzmina, T. I., & Mandrik, N. V. (2020). Industry 4.0 as a new vector of growth and development of the knowledge economy. In Advances in Intelligent Systems and Computing: Vol. 1100 AISC. https://doi.org/10.1007/978-3-030-39319-9_9

Fradkin, A. (2020). The New Palgrave Dictionary of Economics. The New Palgrave Dictionary of Economics. https://doi.org/10.1057/978-1-349-95121-5

Freer, D. (2008). Microstock Photography. In Microstock Photography. https://doi.org/10.4324/9780080560861

Guizani, M. (2019). The industrial internet of things. In IEEE Network (Vol. 33, Issue 5). https://doi.org/10.1109/MNET.2019.8863716

Horton, J. J. (2021). The Ruble Collapse in an Online Marketplace: Some Lessons for Market Designers. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3834142

Howkins, J. (2007). The Creative Economy. In Penguin Press 2002 (Vol. 60, Issue 10 I).

Jeremy Aynsley -. (n.d.). A Century of Graphic Design-Barron’s Educational Series (2001)-Jeremy Aynsley -.pdf.

Kanagachidambaresan, G. R. et. al. (2020). Internet of Things for Industry 4.0 Design, Challenges and Solutions.

Kemenparekraf, P. (2020). Statistik Ekonomi Kreatif 2020. https://kemenparekraf.go.id/publikasi-statistik-ekonomi-kreatif/statistik-ekonomi-kreatif-2020

Kumar, A., & Gupta, D. (2020). Challenges Within the Industry 4.0 Setup. In Advances in Science, Technology and Innovation. https://doi.org/10.1007/978-3-030-14544-6_11

Kunariyanti, D., & Yuwono, T. (2019). Inovasi Pemerintah Daerah Berbasis Kolaborasi, Bandung Creative City. Journal of Politic and Government Studies, 8(04), 231. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jpgs/issue/view/1339

Landeta Echeberria, A. (2020). A Digital Framework for Industry 4.0. In A Digital Framework for Industry 4.0. https://doi.org/10.1007/978-3-030-60049-5

Mackellar, L. (2016). Andrzej Klimczuk Economic Foundations for Creative Ageing Policy, Volume 1: Context and Considerations Palgrave Macmillan, 2015. 208 p. $115.00. In Population and Development Review (Vol. 42, Issue 1). https://doi.org/10.1111/j.1728-4457.2016.00117.x

Monasa, N. I. (2018). Eksistensi Industri Kreatif Di Kota Cimahi.

Mulyadi, M. (2013). Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1), 128. https://doi.org/10.31445/jskm.2011.150106

Nambung Agami, S., Namis Responsi F Egali, D., Ve, C., Mandiri, P., Kabupaten, K. /, & Indonesia, K. (2018). Profil Kota Infografis.

Pemerintah Daerah Kota Cimahi. (2018). Peraturan Wali Kota Cimahi tentang Cimahi Technopark sebagai Kawasan Sains dan Teknologi.

Peraturan Wali Kota Cimahi tentang Unit Pelayanan Teknis Daerah Cimahi Techno Park, 1 (2018).

Pemerintah Kota Cimahi. (2017). Rencana Strategis 2017-2022.

Pramudya, M. A., Listanti, N. N., Handayani, R. T., Salsabil, S., Salsabila, S., Youliati, S., Subagyo, W., & Meliantika, V. (2021). Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Berbasis Digital Masyarakat Desa Kedung Pengawas. Ambarwati, M. (2022). Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual.

Andre, J. C. (2019). System and Industrial Egginering Series. In European University Institute (Vol. 4, Issue 1). https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. (2014). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015-2019 - Buku I Agenda Pembangunan Nasional. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024, 313.

Bappenas. (2019). Rancangan Teknokratik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020 - 2024 : Indonesia Berpenghasilan Menengah - Tinggi Yang Sejahtera, Adil, dan Berkesinambungan. Kementerian PPN/ Bappenas, 313. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Cimahi Technopark. (2022). No Title. Cimahi Technopark. https://www.youtube.com/watch?v=dVqc80lhhbs&list=PL60lS4p84tBoulrvZ0bKGr6gf7fi-OF4c&index=1

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif; Kewirausahaan; dan Daya Saing Koperasi dan UKM. (2021). Laporan Kinerja Tahunan. In Dialog (Vol. 44, Issue 1, pp. i–Vi). https://doi.org/10.47655/dialog.v44i1.470

Devezas, T., Leitão, J., & Sarygulov, A. (2017). Industry 4.0: Entrepreneurship and Structural Change in the New Digital Landscape. In Studies on Entrepreneurship, Structural Change and Industrial Dynamics.

Djatmiko, A., Syarifudin, D., Priyandoko, Z., Lisanti, M., & Diena, T. K. (2021). Development of Creative Handicrafts Industrial Zones in Rajapolah District, Tasikmalaya Regency: Spatial Recommendation for Village Areas. Geosfera Indonesia, 6(3), 398. https://doi.org/10.19184/geosi.v6i3.27679

Fedotova, G. V., Ushamirskaya, G. F., Sigidov, Y. I., Kuzmina, T. I., & Mandrik, N. V. (2020). Industry 4.0 as a new vector of growth and development of the knowledge economy. In Advances in Intelligent Systems and Computing: Vol. 1100 AISC. https://doi.org/10.1007/978-3-030-39319-9_9

Fradkin, A. (2020). The New Palgrave Dictionary of Economics. The New Palgrave Dictionary of Economics. https://doi.org/10.1057/978-1-349-95121-5

Freer, D. (2008). Microstock Photography. In Microstock Photography. https://doi.org/10.4324/9780080560861

Guizani, M. (2019). The industrial internet of things. In IEEE Network (Vol. 33, Issue 5). https://doi.org/10.1109/MNET.2019.8863716

Horton, J. J. (2021). The Ruble Collapse in an Online Marketplace: Some Lessons for Market Designers. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3834142

Howkins, J. (2007). The Creative Economy. In Penguin Press 2002 (Vol. 60, Issue 10 I).

Jeremy Aynsley -. (n.d.). A Century of Graphic Design-Barron’s Educational Series (2001)-Jeremy Aynsley -.pdf.

Kanagachidambaresan, G. R. et. al. (2020). Internet of Things for Industry 4.0 Design, Challenges and Solutions.

Kemenparekraf, P. (2020). Statistik Ekonomi Kreatif 2020. https://kemenparekraf.go.id/publikasi-statistik-ekonomi-kreatif/statistik-ekonomi-kreatif-2020

Kumar, A., & Gupta, D. (2020). Challenges Within the Industry 4.0 Setup. In Advances in Science, Technology and Innovation. https://doi.org/10.1007/978-3-030-14544-6_11

Kunariyanti, D., & Yuwono, T. (2019). Inovasi Pemerintah Daerah Berbasis Kolaborasi, Bandung Creative City. Journal of Politic and Government Studies, 8(04), 231. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jpgs/issue/view/1339

Landeta Echeberria, A. (2020). A Digital Framework for Industry 4.0. In A Digital Framework for Industry 4.0. https://doi.org/10.1007/978-3-030-60049-5

Mackellar, L. (2016). Andrzej Klimczuk Economic Foundations for Creative Ageing Policy, Volume 1: Context and Considerations Palgrave Macmillan, 2015. 208 p. $115.00. In Population and Development Review (Vol. 42, Issue 1). https://doi.org/10.1111/j.1728-4457.2016.00117.x

Monasa, N. I. (2018). Eksistensi Industri Kreatif Di Kota Cimahi.

Mulyadi, M. (2013). Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1), 128. https://doi.org/10.31445/jskm.2011.150106

Nambung Agami, S., Namis Responsi F Egali, D., Ve, C., Mandiri, P., Kabupaten, K. /, & Indonesia, K. (2018). Profil Kota Infografis.

Pemerintah Daerah Kota Cimahi. (2018). Peraturan Wali Kota Cimahi tentang Cimahi Technopark sebagai Kawasan Sains dan Teknologi.

Peraturan Wali Kota Cimahi tentang Unit Pelayanan Teknis Daerah Cimahi Techno Park, 1 (2018).

Pemerintah Kota Cimahi. (2017). Rencana Strategis 2017-2022.

Pramudya, M. A., Listanti, N. N., Handayani, R. T., Salsabil, S., Salsabila, S., Youliati, S., Subagyo, W., & Meliantika, V. (2021). Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Berbasis Digital Masyarakat Desa Kedung Pengawas. Ejurnal.Ubharajaya.Ac.Id, 1(1), 43–53. http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/komitmen/article/view/823

Pusat Prestasi Nasional. (2022). Pedoman Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia.

Queiroz, M. M., & Wamba, S. F. (2022). Managing the Digital Transformation. In Managing the Digital Transformation. https://doi.org/10.1201/9781003226468

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2008 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional, Peraturan Pemerintah 75 (2017).

Reynaldi, R. (2020). Bab II TINJAUAN UMUM CIMAHI TECHNOPARK. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.

Rofaida, R., Suryana, Asti Nur Aryanti, & Yoga Perdana. (2020). Strategi Inovasi pada Industri Kreatif Digital: Upaya Memperoleh Keunggulan Bersaing pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 8(3), 402–414. https://doi.org/10.33059/jmk.v8i3.1909

Rokhmat, D. F., & Paskarina, C. (2021). Analisis Inovasi Birokrasi Di Unit Pelaksana Teknis (Upt) Cimahi Techno Park. Jurnal Caraka Prabu, 5(2), 141–162. https://doi.org/10.36859/jcp.v5i2.559

Romli, N. A. (2021). Implementasi Transformasi Branding Kota Cimahi Sebagai Kota Kreatif. 2010, 252–261. https://doi.org/10.32528/psneb.v0i0.5177

Roth, B. A. E. (2018). Marketplaces , Markets , and Market Design †. 108(7), 1609–1658.

Rumiah, R., Muchtar, E. A., Tachjan, T., & Sumaryana, A. (2019). Progam Pengembangan Industri Kreatif Animasi Di Kota Cimahi. Jurnal Administrasi Publik, 10(1), 1–8. https://doi.org/10.31506/jap.v10i1.5982

Rusdi, F., & Sukendro, G. G. (2018). Analisis Industri Kreatif Dalam Memanfaatkan Identitas Kota Melalui Media Baru. Jurnal Komunikasi, 10(1), 95. https://doi.org/10.24912/jk.v10i1.1221

Sari, P. P. (2018). Pemanfaatan Teknologi Digital Sebagai Percepatan Berusaha Oleh Ekonomi Kreatif. Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 7(3). https://doi.org/10.31504/komunika.v7i3.1824

Sekretariat Kabinet RI. (2002). Undang-undang Republik Indonesia Tahun 2002. Undang-Undang Republik Indonesia Tahun 2002, 649.

Septriliya, N. (2018). Quadruple Helix Collaboration Pada Kawasan Cimahi Techno Park (CTP) Dalam Pengembangan Industri Kreatif Klaster Animasi di Kota Cimahi.

Siagian, A. O., & Cahyono, Y. (2021). Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 206–217. https://doi.org/10.47233/jiteksis.v3i1.212

Technopark, C. (2021). Program Cimahi Makerspace Technopark. https://www.youtube.com/watch?v=dVqc80lhhbs&list=PL60lS4p84tBoulrvZ0bKGr6gf7fi-OF4c&index=1

Tegar Insani, Azhar Fadholi, Ircham Mutaqin, Raihan Zein, & Dhanar Intan Surya Saputra. (2020). Industri Microstock sebagai Peluang Peningkatan Ekonomi Kreatif di Tengah Pandemi Covid-19. JAMI: Jurnal Ahli Muda Indonesia, 1(1), 46–54. https://doi.org/10.46510/jami.v1i1.12

UNCTAD. (2008). Creative Economy Report 2008. The Challenge of Assessing the Creative Economy: towards Informed Policy-making. In Harvard Business Review (Vol. 8, Issue 9). http://unctad.org/en/Docs/ditc20082cer_en.pdf%5Cnhttp://www.oecd.org/dataoecd/35/56/2101733.pdf%5Cnhttp://unctad.org/en/pages/PublicationWebflyer.aspx?publicationid=1595%5Cnhttp://www.isc.hbs.edu/Innov_9211.pdf

Warlina, L., Safariah, R., & Heryandi, A. (2019). Pengembangan Kawasan Industri Telematika Dalam Upaya Mendorong Daya Saing Regional (Kasus Kota Cimahi). Tataloka, 21(1), 63. https://doi.org/10.14710/tataloka.21.1.63-74

Yon Ade Lose Hermanto. (2020). Online Marketplace Characteristics for Freelance Designers. KnE Social Sciences, 2020, 345–356. https://doi.org/10.18502/kss.v4i4.6499

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-31

Cara Mengutip

Rasyid Mutaqin, M. F., , D. S., & , F. S. N. (2023). PEMETAAN SPASIAL EKONOMI KREATIF BERBASIS DIGITAL ASSET TEMPLATING DI KOTA CIMAHI . Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 9(3), 535–559. https://doi.org/10.25157/moderat.v9i3.2892

Terbitan

Bagian

Articles