MANAJEMEN STRATEGIK KOSHIKOI JAPANESE TRAINING CENTER DALAM MEMPERSIAPKAN TENAGA KERJA

Penulis

  • Ayi Najmul Hidayat Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia
  • Apriadi Manan Firman Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25157/moderat.v9i3.2910

Abstrak

Pelatihan yang diselenggarakan oleh Kashikoi Japanese Training Center dianggap penting karena seringkali lembaga pendidikan formal belum mampu mencetak lulusan yang siap bekerja dan bersaing apa lagi pada era persaingan global, sehingga untuk menghadapi era globalisasi calon tenaga kerja masih perlu dibekali peningkatan kompetensi agar mampu bersaing dengan bangsa lain. Untuk mencapai visi dan tujuan dari lembaga Kashikoi Japanese Training Center, maka perlu dirancang rencana strategis untuk menentukan visi, misi dan tujuan lembaga agar dapat tercapai dengan efektif dan efisien sehingga arah kebijakan-kebijakan serta program kegiatan mengarah kepada pencapaian visi, misi dan tujuan yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperoleh gambaran manajemen strategik Kashikoi Japanese Training Center dalam mempersiapkan tenaga kerja. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif diperoleh hasil penelitian visi dan misi yang dirancang oleh Kashikoi Japanese Training Center yaitu mempersiapkan tenaga kerja yang terampil dan berdaya saing dengan memanfaatkan kerjasama Pemerintah Indnesia dan Jepang. Pada perhitungan Internal Factor Evaluation (IFE) dan External Factor Evaluation (EFE) menunjukkan Kashikoi Japanese Training Center berada dalam situasi yang sangat menguntungkan. Peran Kashikoi Japanese Training Center adalah mempersiapkan tenaga kerja Indonesia yang akan berangkat ke Jepang melalui 3 (tiga) program yaitu pra magang, tokutei gino dan program sekolah ke Jepang.

Referensi

Afin. (2013). Menciptakan SDM Berkualitas. PT. Gelora Aksara Pratama. Jakarta

Albrow, Martin dan Elizabeth King. (1990). Globalization, Knowledge and Society: Reading from International Sociology. Sage Publication: London.

David, Fred R. (2006). Manajemen Strategis : Konsep. Edisi Sepuluh. Jakarta : Salemba Empat

Faisal. Sanapiah (2010). Format-Format Penelitian Sosial. Jakarta: Rajawali Pers.

Jamli, Edison dkk, (2005), Kewarganegaraan, Jakarta, Bumi Aksara

Moleong. Lexy J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. 27rd. ed. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rachmat. (2018). Manajemen Strategik. CV. Pustaka Setia. Bandung.

Soyomukti, Nurani. (2010). Pengantar Sosiologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sztompka, Piotr. (2004) Sosiologi Perubahan Sosial . Jakarta: Prenada Media.

Wirawan. (2011). Evaluasi Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: Rajawali Pers.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-31

Cara Mengutip

Ayi Najmul Hidayat, & Apriadi Manan Firman. (2023). MANAJEMEN STRATEGIK KOSHIKOI JAPANESE TRAINING CENTER DALAM MEMPERSIAPKAN TENAGA KERJA. Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 9(3), 596–605. https://doi.org/10.25157/moderat.v9i3.2910

Terbitan

Bagian

Articles