IMPLEMENTASI PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA OUTBOUND DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDENRENG RAPPANG

Penulis

  • Andi Feby Febriani Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang, Indonesia
  • Muhammad Ikbal Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang, Indonesia
  • Erfina Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25157/moderat.v9i2.3126

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mengkaji bagaimana Program Pertukaran Mahasiswa Mandiri Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang tahun 2022 akan menerapkan kebijakan pemerintah dan membangun kapabilitas. Penelitian ini menggunakan teori Edward III. Teori implementasi kebijakan yang disajikan menggunakan metodologi studi kasus dan gaya penelitian kualitatif. Peserta program Pertukaran Mahasiswa Gratis adalah subjek penelitian, bersama dengan dosen. Pengamatan langsung dan wawancara adalah dua metode pengumpulan data yang digunakan. N-Vivo 12 Plus digunakan untuk melakukan analisis data. Implementasi persyaratan negara untuk pertukaran mahasiswa mandiri berjalan dengan baik, karena dosen dan staf bekerja sama untuk memenuhi tugas mereka. Selain itu, birokrasi kampus memiliki beberapa kendala terutama dalam organisasi dan komunikasi.

Referensi

Dzikria, N. (2021). Kendala Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm) Di Perguruan Tinggi. Research and Development Journal of Education, 8(2), 783. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.12865

Faiz, A., & Purwati, P. (2021). Koherensi Program Pertukaran Pelajar Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan General Education. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 649–655. Retrieved from https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/378

Febriani, A. F., & Ikbal, M. (2023). Pengembangan skill mahasiswa melalui program. Jurnal ilmiah dinamika sosial, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.38043/jids.v7i1.3995

Hernawan, D., Seran, G. G., Purnamasari, I., Multi, A., Apriliani, A., Publik, S. A., … Komunikasi, S. (2022). Perspektif Kebijakan Berbasis Bukti Terhadap Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Evidence-Based Policy Perspective on Implementation of Freedom To Learn Independent Campus Policy. Jurnal GOVERNANSI, 8(1), 1–10.

Jumadi, Priyana, Y., Danardo, Sunariya, M. I. T., Saputra, A., Amin, C., … N.Fikriyah, V. (2021). Kegiatan MBKM untuk Mendukung Pengembangan Perguruan Tinggi dan Pembangunan : Studi Kasus Pelaksanaan Magang Bersertifikat di Kementrian ATR / BPN. Seminar Nasional Dan Call of Paper Implementasi Dampak MBKM, (12), 1–9.

Polihu, N. (2021). Akuntabilitas Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Di Kantor Kementerian Agama Kota Manado. Jurnal Administro : Jurnal Kajian Kebijakan Dan Ilmu Administrasi Negara, 2(2), 21–27. https://doi.org/10.53682/administro.v2i2.1684

Rodiyah, R. (2021). Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Era Digital dalam Menciptakan Karakter Mahasiswa Hukum yang Berkarakter dan Profesional. Jurnal Nasional Hukum, 7(2), 425–434.

Samad, A. W. (2022). Analisis Data Sumber Daya Manusia Dalam Isu-Isu Global. Indonesian Journal of Business Analytics, 2(1), 99–110. https://doi.org/10.55927/ijba.v2i1.68

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Administrasi Metode R&D. Bandung: a.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kebijakan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Evaluasi (p. 557). p. 557. Bandung: Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-31

Cara Mengutip

Andi Feby Febriani, Muhammad Ikbal, & Erfina. (2023). IMPLEMENTASI PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA OUTBOUND DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDENRENG RAPPANG. Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 9(2), 318–330. https://doi.org/10.25157/moderat.v9i2.3126

Terbitan

Bagian

Articles