IMPLEMENTASI LAYANAN JAMSOSTEK MOBILE DALAM PENGAJUAN KLAIM JAMINAN HARI TUA BPJS KETENAGAKERJAAN CABANG SUKABUMI

Penulis

  • Maharani Aulia Putri Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia
  • Tuah Nur Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia
  • Dine Meigawati Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25157/moderat.v9i3.3161

Kata Kunci:

Implementasi, Layanan Jamsostek Mobile, Jaminan Hari Tua, Perusahaan, Masyarakat, Peserta

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa fenomena permasalahan yang ditemukan, yaitu: 1) Adanya keterbatasan saldo yang dapat diklaim; 2) Kurang meratanya sosialisasi yang dilakukan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi terkait penggunaan layanan Jamsostek Mobile; 3) Akibat dari keterbatasan pengetahuan teknologi masyarakat, menyebabkan kesulitan dalam penggunaan layanan Jamsostek Mobile, sehingga beberapa masyarakat memilih menggunakan jasa calo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi layanan Jamsostek Mobile (JMO) di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan naratif. Adapun penentuan informan menggunakan teknik snowball sampling dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa implementasi layanan Jamsostek Mobile dalam pengajuan klaim Jaminan Hari Tua di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi sudah berjalan cukup baik. Namun belum maksimal, karena pemahaman implementor yang belum merata dan kegiatan sosialisasi belum mencapai target yang diharapkan, dimana masih banyak perusahaan dan peserta yang belum teredukasi dengan baik, dan belum bisa menggunakan layanan Jamsostek Mobile secara mandiri.

Referensi

Anderson, J. (1978). Public Policy Making. Chicago : Holt, Rinehart and Winston.

Anderson, J. (1978). Public Policy Making. Chicago: Holt, Rinehart and Winston.

Indrajit, R. E. (2016). Konsep Dan Strategi ELectronic Government.

Jones, C. O. (1996). Pengantar Kebijakan Publik (Public Policy) Terjemahan Ricky Ismanto. Jakarta: PT Raja Grafin.

Kadji, Y. (2015). Formulasi Dan Implementasi Kebijakan Publik Kepemimpinan Dan Perilaku Birokrasi Dalam Fakta Realitas. Gorontalo: UNG Press Gorontalo.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Analisis data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI-Press.

Nugroho, R. (2021). Kebijakan Publik : Implementasi dan Pengendalian Kebijakan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Suaedi, F., & Wardiyanto, B. (2010). Revitalisasi Administrasi Negara, Reformasi Birokrasi dan E-Govenance. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Purwanti, D., Wijaya, A. R., Meigawati, D., & Kusumah, H. A. (2021). Formulasi PERDA Ketenagakerjaan Kota Sukabumi Dalam Sudut Pandang Akademik. Journal of Indonesian Public Administration and Governance Studies (JIPAGS), 89-99.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional.

Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2022 Tentang Tata Cara dan Persyaratan Pembayaran Manfaat Jaminan Hari Tua (JHT).

Peraturan Pemerintah No. 46 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Hari Tua (JHT).

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-31

Cara Mengutip

Aulia Putri, M., Tuah Nur, & Dine Meigawati. (2023). IMPLEMENTASI LAYANAN JAMSOSTEK MOBILE DALAM PENGAJUAN KLAIM JAMINAN HARI TUA BPJS KETENAGAKERJAAN CABANG SUKABUMI. Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 9(3), 411–430. https://doi.org/10.25157/moderat.v9i3.3161

Terbitan

Bagian

Articles