INOVASI DIGITAL DALAM PELAYANAN KARTU IDENTITAS ANAK DI KOTA PADANG

Penulis

  • Nila Wahyuni Universitas Andalas, Kota Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25157/moderat.v9i4.3202

Kata Kunci:

Policy Implementation, Digital Innovation, Public Service, Child Identity Card, Sirancak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat adopsi inovasi digital melalui pemanfaatan sistem Sirancak dalam penyediaan layanan Kartu Identitas Anak di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan dari bulan Januari hingga Maret tahun 2023. Penelitian ini mencakup wawancara dengan 12 partisipan, yang terdiri dari orang tua atau wali anak yang menggunakan sistem Sirancak untuk menerbitkan kartu identitas anak. Selain itu, pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang yang berperan dalam pelaksanaan sistem Sirancak juga diikutsertakan dalam wawancara. Data mengenai pengalaman, sikap, dan kepuasan peserta terhadap layanan yang ditawarkan oleh sistem Sirancak dikumpulkan melalui wawancara. Studi ini menunjukkan bahwa penerapan sistem Sirancak meningkatkan efektivitas layanan dengan memfasilitasi aksesibilitas dan pemrosesan informasi tentang penerbitan kartu identitas anak. Studi ini juga menunjukkan bahwa penerapan sistem Sirancak menghasilkan peningkatan aksesibilitas bagi masyarakat. Platform digital ini memungkinkan masyarakat untuk mengajukan permohonan pembuatan kartu identitas anak dari jarak jauh, sehingga tidak perlu datang langsung ke kantor dinas. Singkatnya, studi ini meningkatkan pemahaman kita tentang manfaat yang dapat diperoleh dari inovasi digital dalam layanan kartu identitas anak.

Referensi

Abdullah, S. (2023). Problematika Dan Tantangan Kebijakan Penyederhanaan Birokrasi Di Indonesia. Kebijakan : Jurnal Ilmu Administrasi, 14(1), 47–55. https://doi.org/10.23969/kebijakan.v14i1.6010

Afriyani, A., Muhafidin, D., & Susanti, E. (2022). Transformasi Digital Pelayanan Perizinan Berusaha (Si Ice Mandiri) Di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sumedang. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 13(2), 148–165. https://doi.org/10.29244/jmo.v13i2.38093

Aziz, F. N., Mubin, F., Hidayat, R. J. P., Nurjaman, A., Romadhan, A. A., Sulistyaningsih, T., & Hijri, Y. S. (2021). Bagaimana Teknologi Informasi Dan Komunikasi Bertransformasi Menjadi Inovasi Pelayanan Publik? Perspektif, 10(2), 616–626. https://doi.org/10.31289/perspektif.v10i2.4905

Banabera, G. I. S. (2019). Analisis Inovasi Pemerintahan Digital Village Dalam Peningkatan Pelayanan Publik Di Nusa Tenggara Timur. Jurnal Ilmu Pemerintahan Widya Praja, 45(2), 203–212. https://doi.org/10.33701/jipwp.v45i2.667

Betchoo, N. (2016). Digital Transformation And Its Impact On Human Resource Management. 2016 Ieee International Conference On Emerging Technologies And Innovative Business Practices For The Transformation Of Societies (Emergitech), 147–152.

Cahyaningrum, A., & Ardhian Nugroho, R. (2019). Inovasi Pelayanan Melalui Aplikasi “Dukcapil Dalam Genggaman” Oleh Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta. Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 7(2), 103. https://doi.org/10.31289/publika.v7i2.2999

Elkesaki, R. ’Arsy, Oktaviani, R. D., & Setyaherlambang, M. P. (2021). Inovasi Pelayanan Publik Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Di Kota Bandung. Jurnal Caraka Prabu, 5(1), 69–90. https://doi.org/10.36859/jcp.v5i1.456

Filgueiras, F., Flávio, C., & Palotti, P. (2019). Digital Transformation And Public Service Delivery In Brazil. Latin American Policy, 10(2), 195–219. https://doi.org/10.1111/lamp.12169

Helliwell, J. F., Huang, H., Grover, S., & Wang, S. (2018). Empirical Linkages Between Good Governance And National Well-Being. Journal Of Comparative Economics, 46(4), 1332–1346. https://doi.org/10.1016/j.jce.2018.01.004

Heriyanto. (2022). Urgensi Penerapan E – Government Dalam Pelayanan Publik. Musamus Journal Of Public Administration, 4(2).

Irawan, B. (2015). E-Government Sebagai Bentuk Baru Dalam Pelayanan Publik: Sebuah Tinjauan Teoritik. Jurnal Paradigma, 4(3), 200–209. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/jparadigma/article/download/419/379

Lindgren, I., & Van Veenstra, A. F. (2018). Digital Government Transformation. Proceedings Of The 19th Annual International Conference On Digital Government Research: Governance In The Data, 1–6. https://doi.org/10.1145/3209281.3209302

Muliawaty, L., & Hendryawan, S. (2020). Peranan E-Government Dalam Pelayanan Publik (Studi Kasus: Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sumedang). Jurnal Ilmu Administrasi, 11(2), 101–112.

Namora, M. R., Permana, I., Yusran, R., Fajri, H. (2023). Transformasi Public Service Delivery Di Dinas. Mediasosian: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Administrasi Negara, 07(01), 146–161.

Nasution, S., & Kusumawati, R. (2022). Analisis Dampak Pemanfaatan Inovasi Digital Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kabupaten Bogor Tahun 2022 Impact Analysis Of The Utilization Of Digital Innovation On The Quality Of Public Service In Bogor Regency In 2022 Saat Ini , Inovasi Daerah Menja. Bina: Jurnal Pembangunan Daerah, 1(2).

Rofaida, R., Suryana, Asti Nur Aryanti, & Yoga Perdana. (2020). Strategi Inovasi Pada Industri Kreatif Digital: Upaya Memperoleh Keunggulan Bersaing Pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 8(3), 402–414. Https://Doi.Org/10.33059/Jmk.V8i3.1909

Setiawati, W. (2023). Peran Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Bandung. Grin: Gerbang Riset Inovasi, 1(2), 78–84.

Setyasih, E. T. (2023). Reformasi Birokrasi Dan Tantangan Implementasi Good Governance Di Indonesia. Jurnal Kelola: Jurnal Ilmu Sosial, 6(1), 48–62.

Sugiono, S. (2020). Industri Konten Digital Dalam Perspektif Society 5.0. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komunikasi, 22(2), 175–191. http://dx.doi.org/10.33164/iptekkom.22.2.2020.175-191

Suhaeman, I., Haerana, H., & Riskasari, R. (2022). Inovasi Pelayanan Berbasis Online Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sinjai. Jurnal Administrasi Publik, 13(1), 92–102. https://doi.org/10.31506/jap.v13i1.15395

Supriyanto, E. E. (2016). Kebijakan Inovasi Teknologi Informasi (It) Melalui Program Elektronik Goverment Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Indonesia. Jurnal Ilmu Pemerintahan : Kajian Ilmu Pemerintahan Dan Politik Daerah, 1(1), 141. Https://Doi.Org/10.24905/Jip.V1i1.438

Tryanti, W., & Frinaldi, A. (2019). Efektivitas Implementasi E-Government Dalam Pelayanan Kependudukan Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Padang. Journal Of Multidicsiplinary Research And Development, 1(3), 424–435.

Wahyuni, N. (2021). Implementasi Kebijakan Pemerintah Daerah Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Musamus Journal Of Public Administration, 5(2).

Yunaningsih, A., Indah, D., & Septiawan, F. E. (2021). Upaya Meningkatkan Kualitas Layanan Publik Melalui Digitalisasi. Altasia : Jurnal Pariwisata Indonesia, 3(1), 9–16. https://doi.org/10.37253/altasia.v3i1.4336

Abdullah, S. (2023). Problematika Dan Tantangan Kebijakan Penyederhanaan Birokrasi Di Indonesia. Kebijakan : Jurnal Ilmu Administrasi, 14(1), 47–55. https://doi.org/10.23969/kebijakan.v14i1.6010

Afriyani, A., Muhafidin, D., & Susanti, E. (2022). Transformasi Digital Pelayanan Perizinan Berusaha (Si Ice Mandiri) Di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sumedang. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 13(2), 148–165. https://doi.org/10.29244/jmo.v13i2.38093

Aziz, F. N., Mubin, F., Hidayat, R. J. P., Nurjaman, A., Romadhan, A. A., Sulistyaningsih, T., & Hijri, Y. S. (2021). Bagaimana Teknologi Informasi Dan Komunikasi Bertransformasi Menjadi Inovasi Pelayanan Publik? Perspektif, 10(2), 616–626. https://doi.org/10.31289/perspektif.v10i2.4905

Banabera, G. I. S. (2019). Analisis Inovasi Pemerintahan Digital Village Dalam Peningkatan Pelayanan Publik Di Nusa Tenggara Timur. Jurnal Ilmu Pemerintahan Widya Praja, 45(2), 203–212. https://doi.org/10.33701/jipwp.v45i2.667

Betchoo, N. (2016). Digital Transformation And Its Impact On Human Resource Management. 2016 Ieee International Conference On Emerging Technologies And Innovative Business Practices For The Transformation Of Societies (Emergitech), 147–152.

Cahyaningrum, A., & Ardhian Nugroho, R. (2019). Inovasi Pelayanan Melalui Aplikasi “Dukcapil Dalam Genggaman” Oleh Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta. Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 7(2), 103. https://doi.org/10.31289/publika.v7i2.2999

Elkesaki, R. ’Arsy, Oktaviani, R. D., & Setyaherlambang, M. P. (2021). Inovasi Pelayanan Publik Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Di Kota Bandung. Jurnal Caraka Prabu, 5(1), 69–90. https://doi.org/10.36859/jcp.v5i1.456

Filgueiras, F., Flávio, C., & Palotti, P. (2019). Digital Transformation And Public Service Delivery In Brazil. Latin American Policy, 10(2), 195–219. https://doi.org/10.1111/lamp.12169

Helliwell, J. F., Huang, H., Grover, S., & Wang, S. (2018). Empirical Linkages Between Good Governance And National Well-Being. Journal Of Comparative Economics, 46(4), 1332–1346. https://doi.org/10.1016/j.jce.2018.01.004

Heriyanto. (2022). Urgensi Penerapan E – Government Dalam Pelayanan Publik. Musamus Journal Of Public Administration, 4(2).

Irawan, B. (2015). E-Government Sebagai Bentuk Baru Dalam Pelayanan Publik: Sebuah Tinjauan Teoritik. Jurnal Paradigma, 4(3), 200–209. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/jparadigma/article/download/419/379

Lindgren, I., & Van Veenstra, A. F. (2018). Digital Government Transformation. Proceedings Of The 19th Annual International Conference On Digital Government Research: Governance In The Data, 1–6. https://doi.org/10.1145/3209281.3209302

Muliawaty, L., & Hendryawan, S. (2020). Peranan E-Government Dalam Pelayanan Publik (Studi Kasus: Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sumedang). Jurnal Ilmu Administrasi, 11(2), 101–112.

Namora, M. R., Permana, I., Yusran, R., Fajri, H., Ilmu, D., Negara, A., Sosial, F. I., Padang, U. N., Publik, P., & Sipil, P. (2023). Transformasi Public Service Delivery Di Dinas. Mediasosian: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Administrasi Negara, 07(01), 146–161.

Nasution, S., & Kusumawati, R. (2022). Analisis Dampak Pemanfaatan Inovasi Digital Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kabupaten Bogor Tahun 2022 Impact Analysis Of The Utilization Of Digital Innovation On The Quality Of Public Service In Bogor Regency In 2022 Saat Ini , Inovasi Daerah Menja. Bina: Jurnal Pembangunan Daerah, 1(2).

Rofaida, R., Suryana, Asti Nur Aryanti, & Yoga Perdana. (2020). Strategi Inovasi Pada Industri Kreatif Digital: Upaya Memperoleh Keunggulan Bersaing Pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 8(3), 402–414. https://doi.org/10.33059/jmk.v8i3.1909

Setiawati, W. (2023). Peran Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Bandung. Grin: Gerbang Riset Inovasi, 1(2), 78–84.

Setyasih, E. T. (2023). Reformasi Birokrasi Dan Tantangan Implementasi Good Governance Di Indonesia. Jurnal Kelola: Jurnal Ilmu Sosial, 6(1), 48–62.

Sugiono, S. (2020). Industri Konten Digital Dalam Perspektif Society 5.0. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komunikasi, 22(2), 175–191. http://dx.doi.org/10.33164/iptekkom.22.2.2020.175-191

Suhaeman, I., Haerana, H., & Riskasari, R. (2022). Inovasi Pelayanan Berbasis Online Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sinjai. Jurnal Administrasi Publik, 13(1), 92–102. https://doi.org/10.31506/jap.v13i1.15395

Supriyanto, E. E. (2016). Kebijakan Inovasi Teknologi Informasi (It) Melalui Program Elektronik Goverment Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Indonesia. Jurnal Ilmu Pemerintahan : Kajian Ilmu Pemerintahan Dan Politik Daerah, 1(1), 141. Https://Doi.Org/10.24905/Jip.V1i1.438

Tryanti, W., & Frinaldi, A. (2019). Efektivitas Implementasi E-Government Dalam Pelayanan Kependudukan Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Padang. Journal Of Multidicsiplinary Research And Development, 1(3), 424–435.

Wahyuni, N. (2021). Implementasi Kebijakan Pemerintah Daerah Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Musamus Journal Of Public Administration, 5(2).

Yunaningsih, A., Indah, D., & Septiawan, F. E. (2021). Upaya Meningkatkan Kualitas Layanan Publik Melalui Digitalisasi. Altasia : Jurnal Pariwisata Indonesia, 3(1), 9–16. Https://Doi.Org/10.37253/Altasia.V3i1.4336

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Wahyuni, N. (2023). INOVASI DIGITAL DALAM PELAYANAN KARTU IDENTITAS ANAK DI KOTA PADANG. Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 9(4), 646–668. https://doi.org/10.25157/moderat.v9i4.3202

Terbitan

Bagian

Articles