INOVASI DIGITAL DALAM PELAYANAN KARTU IDENTITAS ANAK DI KOTA PADANG
DOI:
https://doi.org/10.25157/moderat.v9i4.3202Kata Kunci:
Policy Implementation, Digital Innovation, Public Service, Child Identity Card, SirancakAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat adopsi inovasi digital melalui pemanfaatan sistem Sirancak dalam penyediaan layanan Kartu Identitas Anak di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan dari bulan Januari hingga Maret tahun 2023. Penelitian ini mencakup wawancara dengan 12 partisipan, yang terdiri dari orang tua atau wali anak yang menggunakan sistem Sirancak untuk menerbitkan kartu identitas anak. Selain itu, pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang yang berperan dalam pelaksanaan sistem Sirancak juga diikutsertakan dalam wawancara. Data mengenai pengalaman, sikap, dan kepuasan peserta terhadap layanan yang ditawarkan oleh sistem Sirancak dikumpulkan melalui wawancara. Studi ini menunjukkan bahwa penerapan sistem Sirancak meningkatkan efektivitas layanan dengan memfasilitasi aksesibilitas dan pemrosesan informasi tentang penerbitan kartu identitas anak. Studi ini juga menunjukkan bahwa penerapan sistem Sirancak menghasilkan peningkatan aksesibilitas bagi masyarakat. Platform digital ini memungkinkan masyarakat untuk mengajukan permohonan pembuatan kartu identitas anak dari jarak jauh, sehingga tidak perlu datang langsung ke kantor dinas. Singkatnya, studi ini meningkatkan pemahaman kita tentang manfaat yang dapat diperoleh dari inovasi digital dalam layanan kartu identitas anak.
Referensi
Abdullah, S. (2023). Problematika Dan Tantangan Kebijakan Penyederhanaan Birokrasi Di Indonesia. Kebijakan : Jurnal Ilmu Administrasi, 14(1), 47–55. https://doi.org/10.23969/kebijakan.v14i1.6010
Afriyani, A., Muhafidin, D., & Susanti, E. (2022). Transformasi Digital Pelayanan Perizinan Berusaha (Si Ice Mandiri) Di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sumedang. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 13(2), 148–165. https://doi.org/10.29244/jmo.v13i2.38093
Aziz, F. N., Mubin, F., Hidayat, R. J. P., Nurjaman, A., Romadhan, A. A., Sulistyaningsih, T., & Hijri, Y. S. (2021). Bagaimana Teknologi Informasi Dan Komunikasi Bertransformasi Menjadi Inovasi Pelayanan Publik? Perspektif, 10(2), 616–626. https://doi.org/10.31289/perspektif.v10i2.4905
Banabera, G. I. S. (2019). Analisis Inovasi Pemerintahan Digital Village Dalam Peningkatan Pelayanan Publik Di Nusa Tenggara Timur. Jurnal Ilmu Pemerintahan Widya Praja, 45(2), 203–212. https://doi.org/10.33701/jipwp.v45i2.667
Betchoo, N. (2016). Digital Transformation And Its Impact On Human Resource Management. 2016 Ieee International Conference On Emerging Technologies And Innovative Business Practices For The Transformation Of Societies (Emergitech), 147–152.
Cahyaningrum, A., & Ardhian Nugroho, R. (2019). Inovasi Pelayanan Melalui Aplikasi “Dukcapil Dalam Genggaman” Oleh Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta. Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 7(2), 103. https://doi.org/10.31289/publika.v7i2.2999
Elkesaki, R. ’Arsy, Oktaviani, R. D., & Setyaherlambang, M. P. (2021). Inovasi Pelayanan Publik Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Di Kota Bandung. Jurnal Caraka Prabu, 5(1), 69–90. https://doi.org/10.36859/jcp.v5i1.456
Filgueiras, F., Flávio, C., & Palotti, P. (2019). Digital Transformation And Public Service Delivery In Brazil. Latin American Policy, 10(2), 195–219. https://doi.org/10.1111/lamp.12169
Helliwell, J. F., Huang, H., Grover, S., & Wang, S. (2018). Empirical Linkages Between Good Governance And National Well-Being. Journal Of Comparative Economics, 46(4), 1332–1346. https://doi.org/10.1016/j.jce.2018.01.004
Heriyanto. (2022). Urgensi Penerapan E – Government Dalam Pelayanan Publik. Musamus Journal Of Public Administration, 4(2).
Irawan, B. (2015). E-Government Sebagai Bentuk Baru Dalam Pelayanan Publik: Sebuah Tinjauan Teoritik. Jurnal Paradigma, 4(3), 200–209. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/jparadigma/article/download/419/379
Lindgren, I., & Van Veenstra, A. F. (2018). Digital Government Transformation. Proceedings Of The 19th Annual International Conference On Digital Government Research: Governance In The Data, 1–6. https://doi.org/10.1145/3209281.3209302
Muliawaty, L., & Hendryawan, S. (2020). Peranan E-Government Dalam Pelayanan Publik (Studi Kasus: Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sumedang). Jurnal Ilmu Administrasi, 11(2), 101–112.
Namora, M. R., Permana, I., Yusran, R., Fajri, H. (2023). Transformasi Public Service Delivery Di Dinas. Mediasosian: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Administrasi Negara, 07(01), 146–161.
Nasution, S., & Kusumawati, R. (2022). Analisis Dampak Pemanfaatan Inovasi Digital Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kabupaten Bogor Tahun 2022 Impact Analysis Of The Utilization Of Digital Innovation On The Quality Of Public Service In Bogor Regency In 2022 Saat Ini , Inovasi Daerah Menja. Bina: Jurnal Pembangunan Daerah, 1(2).
Rofaida, R., Suryana, Asti Nur Aryanti, & Yoga Perdana. (2020). Strategi Inovasi Pada Industri Kreatif Digital: Upaya Memperoleh Keunggulan Bersaing Pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 8(3), 402–414. Https://Doi.Org/10.33059/Jmk.V8i3.1909
Setiawati, W. (2023). Peran Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Bandung. Grin: Gerbang Riset Inovasi, 1(2), 78–84.
Setyasih, E. T. (2023). Reformasi Birokrasi Dan Tantangan Implementasi Good Governance Di Indonesia. Jurnal Kelola: Jurnal Ilmu Sosial, 6(1), 48–62.
Sugiono, S. (2020). Industri Konten Digital Dalam Perspektif Society 5.0. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komunikasi, 22(2), 175–191. http://dx.doi.org/10.33164/iptekkom.22.2.2020.175-191
Suhaeman, I., Haerana, H., & Riskasari, R. (2022). Inovasi Pelayanan Berbasis Online Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sinjai. Jurnal Administrasi Publik, 13(1), 92–102. https://doi.org/10.31506/jap.v13i1.15395
Supriyanto, E. E. (2016). Kebijakan Inovasi Teknologi Informasi (It) Melalui Program Elektronik Goverment Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Indonesia. Jurnal Ilmu Pemerintahan : Kajian Ilmu Pemerintahan Dan Politik Daerah, 1(1), 141. Https://Doi.Org/10.24905/Jip.V1i1.438
Tryanti, W., & Frinaldi, A. (2019). Efektivitas Implementasi E-Government Dalam Pelayanan Kependudukan Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Padang. Journal Of Multidicsiplinary Research And Development, 1(3), 424–435.
Wahyuni, N. (2021). Implementasi Kebijakan Pemerintah Daerah Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Musamus Journal Of Public Administration, 5(2).
Yunaningsih, A., Indah, D., & Septiawan, F. E. (2021). Upaya Meningkatkan Kualitas Layanan Publik Melalui Digitalisasi. Altasia : Jurnal Pariwisata Indonesia, 3(1), 9–16. https://doi.org/10.37253/altasia.v3i1.4336
Abdullah, S. (2023). Problematika Dan Tantangan Kebijakan Penyederhanaan Birokrasi Di Indonesia. Kebijakan : Jurnal Ilmu Administrasi, 14(1), 47–55. https://doi.org/10.23969/kebijakan.v14i1.6010
Afriyani, A., Muhafidin, D., & Susanti, E. (2022). Transformasi Digital Pelayanan Perizinan Berusaha (Si Ice Mandiri) Di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sumedang. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 13(2), 148–165. https://doi.org/10.29244/jmo.v13i2.38093
Aziz, F. N., Mubin, F., Hidayat, R. J. P., Nurjaman, A., Romadhan, A. A., Sulistyaningsih, T., & Hijri, Y. S. (2021). Bagaimana Teknologi Informasi Dan Komunikasi Bertransformasi Menjadi Inovasi Pelayanan Publik? Perspektif, 10(2), 616–626. https://doi.org/10.31289/perspektif.v10i2.4905
Banabera, G. I. S. (2019). Analisis Inovasi Pemerintahan Digital Village Dalam Peningkatan Pelayanan Publik Di Nusa Tenggara Timur. Jurnal Ilmu Pemerintahan Widya Praja, 45(2), 203–212. https://doi.org/10.33701/jipwp.v45i2.667
Betchoo, N. (2016). Digital Transformation And Its Impact On Human Resource Management. 2016 Ieee International Conference On Emerging Technologies And Innovative Business Practices For The Transformation Of Societies (Emergitech), 147–152.
Cahyaningrum, A., & Ardhian Nugroho, R. (2019). Inovasi Pelayanan Melalui Aplikasi “Dukcapil Dalam Genggaman” Oleh Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta. Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 7(2), 103. https://doi.org/10.31289/publika.v7i2.2999
Elkesaki, R. ’Arsy, Oktaviani, R. D., & Setyaherlambang, M. P. (2021). Inovasi Pelayanan Publik Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Di Kota Bandung. Jurnal Caraka Prabu, 5(1), 69–90. https://doi.org/10.36859/jcp.v5i1.456
Filgueiras, F., Flávio, C., & Palotti, P. (2019). Digital Transformation And Public Service Delivery In Brazil. Latin American Policy, 10(2), 195–219. https://doi.org/10.1111/lamp.12169
Helliwell, J. F., Huang, H., Grover, S., & Wang, S. (2018). Empirical Linkages Between Good Governance And National Well-Being. Journal Of Comparative Economics, 46(4), 1332–1346. https://doi.org/10.1016/j.jce.2018.01.004
Heriyanto. (2022). Urgensi Penerapan E – Government Dalam Pelayanan Publik. Musamus Journal Of Public Administration, 4(2).
Irawan, B. (2015). E-Government Sebagai Bentuk Baru Dalam Pelayanan Publik: Sebuah Tinjauan Teoritik. Jurnal Paradigma, 4(3), 200–209. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/jparadigma/article/download/419/379
Lindgren, I., & Van Veenstra, A. F. (2018). Digital Government Transformation. Proceedings Of The 19th Annual International Conference On Digital Government Research: Governance In The Data, 1–6. https://doi.org/10.1145/3209281.3209302
Muliawaty, L., & Hendryawan, S. (2020). Peranan E-Government Dalam Pelayanan Publik (Studi Kasus: Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sumedang). Jurnal Ilmu Administrasi, 11(2), 101–112.
Namora, M. R., Permana, I., Yusran, R., Fajri, H., Ilmu, D., Negara, A., Sosial, F. I., Padang, U. N., Publik, P., & Sipil, P. (2023). Transformasi Public Service Delivery Di Dinas. Mediasosian: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Administrasi Negara, 07(01), 146–161.
Nasution, S., & Kusumawati, R. (2022). Analisis Dampak Pemanfaatan Inovasi Digital Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kabupaten Bogor Tahun 2022 Impact Analysis Of The Utilization Of Digital Innovation On The Quality Of Public Service In Bogor Regency In 2022 Saat Ini , Inovasi Daerah Menja. Bina: Jurnal Pembangunan Daerah, 1(2).
Rofaida, R., Suryana, Asti Nur Aryanti, & Yoga Perdana. (2020). Strategi Inovasi Pada Industri Kreatif Digital: Upaya Memperoleh Keunggulan Bersaing Pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 8(3), 402–414. https://doi.org/10.33059/jmk.v8i3.1909
Setiawati, W. (2023). Peran Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Bandung. Grin: Gerbang Riset Inovasi, 1(2), 78–84.
Setyasih, E. T. (2023). Reformasi Birokrasi Dan Tantangan Implementasi Good Governance Di Indonesia. Jurnal Kelola: Jurnal Ilmu Sosial, 6(1), 48–62.
Sugiono, S. (2020). Industri Konten Digital Dalam Perspektif Society 5.0. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komunikasi, 22(2), 175–191. http://dx.doi.org/10.33164/iptekkom.22.2.2020.175-191
Suhaeman, I., Haerana, H., & Riskasari, R. (2022). Inovasi Pelayanan Berbasis Online Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sinjai. Jurnal Administrasi Publik, 13(1), 92–102. https://doi.org/10.31506/jap.v13i1.15395
Supriyanto, E. E. (2016). Kebijakan Inovasi Teknologi Informasi (It) Melalui Program Elektronik Goverment Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Indonesia. Jurnal Ilmu Pemerintahan : Kajian Ilmu Pemerintahan Dan Politik Daerah, 1(1), 141. Https://Doi.Org/10.24905/Jip.V1i1.438
Tryanti, W., & Frinaldi, A. (2019). Efektivitas Implementasi E-Government Dalam Pelayanan Kependudukan Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Padang. Journal Of Multidicsiplinary Research And Development, 1(3), 424–435.
Wahyuni, N. (2021). Implementasi Kebijakan Pemerintah Daerah Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Musamus Journal Of Public Administration, 5(2).
Yunaningsih, A., Indah, D., & Septiawan, F. E. (2021). Upaya Meningkatkan Kualitas Layanan Publik Melalui Digitalisasi. Altasia : Jurnal Pariwisata Indonesia, 3(1), 9–16. Https://Doi.Org/10.37253/Altasia.V3i1.4336
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan © 2023 by Program Studi Ilmu Pemerintahan is licensed under CC BY-SA 4.0