PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TRANSPORTASI ‘SI BENTENG’ TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KOTA TANGERANG
DOI:
https://doi.org/10.25157/moderat.v10i2.3330Kata Kunci:
Service quality, community satisfactionAbstrak
Angkutan umum Si Benteng menjadi salah satu moda transportasi di Kota Tangerang. Pada tahun 2021 angkutan Si benteng di operasikan sampai saat ini dengan harapan masyarakat dapat menikmati angkutan tersebut secara nyaman dan membawa ketempat tujuan. Akan tetapi pelaksanaan angkutan Si Benteng tidak sesuai yang diharapkan pada pelayanan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan transportasi si benteng terhadap kepuasan masyarakat di Kota Tangerang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sample yaitu teknik random sampling dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji validitas dan uji realibitas. Pada hasil penelitian menunjukan secara signifikan memiliki hubungan yang kuat dan positif terhadap kepuasan masyarakat. Pada 25 pernyataan kuesioner dinyatakan valid dan realiable, dikarenakan hasil r hitung lebih besar dari r tabel dan nilai uji realibitas. Pada nilai uji koefisien determinasi 84,8% hal tersebut memilki pengaruh besar variabell kualitas pelayanan terhadap variabel kepuasan masyarakat. Kesimpulan dari penelitian ini, bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang sangat signifikan bagi kepuasan masyarakat pengguna transportasi Si Benteng.
Referensi
Abouttng. 2022. “Naik Bus Tayo Dan Angkot Si Benteng Masih Gratis Sampai Akhir Tahun, Cek Jadwal Dan Rutenya.” Retrieved June 12, 2023 (https://www.instagram.com/p/CleHLDRSZNQ/?igshid=Y2IzZGU1MTFhOQ==).
Adhitya, Wisnu Rayhan. 2019. “Analisis Perilaku Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Terhadap Pengambilan Keputusan Kredit Di Koperasi Simpan Pinjam Baitul Maal Wattamwill (BMT) Medan Johor.” Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(2).
Balaka, Yani Muh. 2022. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung.
Basowa, Ardida Ponty, and Joko Setiawan. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Pengguna Transportasi Umum Bus Trans Batam).” Jurnal Ilmu : Jurnal Ilmiah Mahasiswa 1(2).
Beritatangerang.id. 2020. “Si Benteng Terbengkalai, Begini Kata Arief.” Beritatangerang.Id. Retrieved June 1, 2011
(https://beritatangerang.id/si-benteng-terbengkalai-begini-kata-arief/).
Farida, Ida, Achmad Tarmizi, and Ygi November. 2016. “Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7p Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Gojek Online.” Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis 1(1).
Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Bina Media.
Lupiyaodi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Jakarta: Salemba Empat.
Naufal, Muhammad. 2021. “Sopir Angkot ‘Si Benteng’ Lecehkan Penumpang Di Jatiuwung Kota Tangerang.” Www.Kompas.Com.
Oktariansyah, Reina Damayanti, Benny Usman, and Andri Eko Putra. 2017. “Analisis Kualitas Pelayanan Angkutan Umum (Transmusi) Melalui Kinerja Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kota Palembang.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya 15(1).
Oktaviani, Tari. 2023. “Rute Angkot Si Benteng Tangerang Dan Tarifnya.” Www.Kompas.Com. Retrieved June 4, 2011 (https://megapolitan.kompas.com/read/2023/01/16/00450001/rute-angkot-si-benteng-tangerang-dan-tarifnya?page=2.).
Peraturan Wali Kota Tangerang Nomor 26 Tahun 2022. 2022. Peraturan Wali Kota Tangerang Nomor 26 Tahun 2022 Tentang Penugasan Kepada Perseroan Terbatas Tangerang Nusantara Global Dalam Pengelolaan Angkutan Umum Menjelaskan Bahwa Kepada PT.TNG Selaku Pengelola Angkutan Umum Perkotaan. Kota Tangerang.
Permenpan RB. 2017. Peraturan Menteri PAN Dan RB No. 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. Jakarta.
Prabantari, Bertilla Vanessa Kusuma. 2020. “Analisis Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Transportasi Transjakarta.” Jurnal Transaksi 12(1).
Ramdhani, Gilar. 2021. “Fakta Menarik Si Benteng, Angkot Mewah Asal Tangerang Dengan Tarif Rp 2.000.” Www.Liputan6.Com. Retrieved June 1, 2011 (https://www.liputan6.com/news/read/4543481/fakta-menarik-si-benteng-angkot-mewah-asal-tangerang-dengan-tarif-rp-2000).
Rianti, Selvi, Zaili Rusli, and Febri Yuliani. 2019. “Kualitas Pelayanan Publik.” Jurnal Ilmu Administrasi Negara 15(3).
Semiun, Oktovianus Edvict. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Angkutan Kota Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Penumpang Di Kota Kupang.” Rekayasa Sipil 12(1).
Suandi. 2019. “Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat Di Kantor Kecamatan Belitang Kabupaten Oku Timur.” Jurnal Ilmu Administrasi Dan Studi Kebijakan (Jiask) 1(2).
Tjiptono, Fandi, Chandra, and Gregorious. 2012. Service,Quality Dan Satisfaction. Yogyakarta: Andi offset.
TNG, PT. 2023. “Banyak Laporan Dan Aduan, PT TNG Lakukan Sidak Angkutan Pengumpan.” PT Tangerang Nusantara Global. Retrieved June 4, 2011 (https://tng.id/id/author/admintng/).
Undang- Undang No 22. 2009. Undang-Undang No 22 Tahun 2009 Mengenai Lalu Lintas Dan Angkutan Umum.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan © 2023 by Program Studi Ilmu Pemerintahan is licensed under CC BY-SA 4.0