EFEKTIVITAS DIGITALISASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI APLIKASI DIGITAL KORLANTAS POLRI

Penulis

  • Herbrian Kurnia Alam Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang, Indonesia
  • Hanny Purnamasari Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25157/moderat.v10i3.3668

Kata Kunci:

Digitalisasi, Pelayanan Publik, Efektifitas

Abstrak

Pemerintah sebagai penyelenggara negara mempunyai kewajiban melaksanakan pelayanan publik yang efektif dan efisien. Kepolisian negara republik indonesia memiliki tugas yang salah satu nya pelayan publik untuk mengurus surat kendaraan bermotor. Untuk Menunjang pelayanan publik, Kepolisian negara republik indonesia menciptakan aplikasi digital korlantas polri untuk mempermudah pelayanan masyarakat secara online yang memiliki banyak fitur seperti layanan SINAR (Sim Presisi Nasional), SIGNAL (Samsat Digital Nasional), ETLE (Electronik Traffic Management), dan NTMC Polri. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui Efektivitas Digitalisasi pelayanan publik menggunakan Apalikasi Digital Korlantas untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Pendekatan Penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif dan teknik pengumpulan data dengan Studi Literatur dari artikel dan Jurnal. Penelitian ini berfokus pada 3 dimensi yakni Pencapaian tujuan, Integrasi, dan Adaptasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa saat ini fitur yang dapat digunakan masyarakat hanya layanan pengurusan perpanjangan SIM. Namun dengan penggunaan aplikasi ini cukup efektif untuk mempermudah pelayanan masyarakat yang tidak memiliki waktu secara langsung untuk mengunjungi Satuan Pelayanan Administrasi SIM (Satpas) dan sebagai respon dari Kepolisian Negara Republik Indonesia tentang pelayanan publik yang sering terjadi masalah saat pengurusan kendaraan bermotor.

Referensi

Anggara, S. (2016). Ilmu administrasi negara: Kajian konsep, teori, dan fakta dalam upaya menciptakan good governance. CV Pustaka Setia

Aulia, S., & Aditya, M. (2023). Daftar Satpas Yang Menerima Pengajuan Sim Secara Online. Kompas.com. https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/22/120200815/daftar-satpas-yang-menerima-pengajuan-sim-secara-online

CNN Indonesia. (2023). Cara Bayar Pajak Mobil Online Pakai Aplikasi Signal. https://www.cnnindonesia.com/otomotif/20230301131055-584-919309/cara-bayar-pajak-mobil-online-pakai-aplikasi-signal

Dimas Sulistiyo, R., & Shihab, M. R. (2023). Transformasi Digital dalam Pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM): Studi Kasus Korlantas Polri. Technomedia Journal, 8(2SP). https://doi.org/10.33050/tmj.v8i2SP.2064

Irfan, M. (2023). Aplikasi Sim Nasional Dan Presisi (Sinar) Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Di Kepolisian Resor Kota (Polresta) Kota Jambi. Skripsi sarjana : Universitas Jambi. https://repository.unja.ac.id/46017/1/skripsi.pdf

Ishlahah, F., & Trend, O. (2023). Strategi Peningkatan Layanan Surat Izin Mengemudi Melalui Layanan Sinar (Sim Presisi Nasional) Di Kantor Satuan Lalu Lintas Polres Kabupaten Gresik. Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum: Universitas Negeri Surabaya. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/47948

Kepolisian Negara Republik Indonesia. (2021). Laporan Tahunan Korps Lalu Lintas Polri 2021. Jakarta: Korlantas Polri.

Magfirah, Utami., dkk. (2023). Efektivitas Pelayanan Digital Di Kepolisian Ri: Studi Kasus Kota Makassar. Development Policy and Management Review (DPMR), Vol 3(1). https://journal.unhas.ac.id/index.php/DPMR/

Pasolong, H. (2020). Teori administrasi publik. Alfabeta.

Pemerintah Indonesia. Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Jakarta.

Pemerintah Indonesia. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. Lemabaran Negara RI Tahun 2009 Nomor 112, Tambahan Lembaran Negara RI Nomor 5038. Sekretariat Negara. Jakarta.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 30 Tahun 2014 Tentang Pedoman Inovasi Pelayanan Publik.

Purwanto, A., Asbari, M., Fahlevi, M., Mufid, A., Agistiawati, E., Cahyono, Y., & Suryani, P. (2021). Impact of Work From Home (WFH) on Indonesian Teachers Performance During the Covid-19 Pandemic: An Exploratory Study. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(5), 6235-6244.

Ramdhani, A., Ramdhani, M. A., & Amin, A. S. (2017). Writing a Literature Review Research Paper: A step-by-step approach. International Journal of Basic and Applied Science, 3(1), 47-56.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2017). Organizational behavior (17th ed.). Pearson Education Limited.

Steers, R. M. (2015). Efektivitas organisasi. Erlangga.

Suwarno, J., & Sejati, K. (2017). Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Indonesia, Sudahkah Berlandaskan Konsep "Welfare State"?. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 7(1), 67-77.

Wulan, S. K., dkk. (2023). Inovasi Layanan Surat Izin Mengemudi (Sim) Melalui Layanan Sinar (Sim Nasional Presisi) Di Tangerang Selatan. Jurnal Administrasi Publik, Vol 1(1). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/pentahelix/article/view/16311

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-26

Cara Mengutip

, H. K. A., & Hanny Purnamasari. (2024). EFEKTIVITAS DIGITALISASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI APLIKASI DIGITAL KORLANTAS POLRI. Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 10(3), 511–522. https://doi.org/10.25157/moderat.v10i3.3668

Terbitan

Bagian

Articles