EFEKTIVITAS PENYEBARAN INFORMASI PUBLIK MELALUI INSTAGRAM OLEH DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN KARAWANG

Penulis

  • Syarif Abdilah Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang, Indonesia
  • Hanny Purnamasari Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25157/moderat.v10i2.3682

Abstrak

Sejak pergantian abad, teknologi seluler telah meningkatkan interaksi daring, termasuk di bidang pemerintahan. Di Indonesia, penggunaan media sosial oleh pemerintah menjadi inovasi penting dalam tata kelola pemerintahan, memungkinkan partisipasi publik yang lebih langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan Instagram oleh Diskominfo Kabupaten Karawang dalam meningkatkan pelayanan publik. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi literatur dari berbagai sumber termasuk peraturan pemerintah, jurnal penelitian, dan buku. Data diperoleh dari postingan Instagram dan situs web Diskominfo Karawang, dianalisis menggunakan teori efektivitas organisasi dari Gibson Ivancevich Donnelly dengan dimensi produksi, efisiensi, kepuasan, keadaptasian, dan pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Diskominfo Karawang telah memproduksi konten secara berkala, tetapi interaksi dengan masyarakat masih perlu ditingkatkan. Penggunaan Instagram telah membantu dalam menyebarkan informasi layanan publik dan meningkatkan transparansi, meskipun belum sepenuhnya efektif dalam melibatkan masyarakat. Kesimpulannya, meskipun Instagram telah meningkatkan komunikasi dan transparansi, diperlukan strategi yang lebih baik untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dan efektivitas layanan publik. Pengukuran terhadap pemanfaatan media sosial ini penting untuk memaksimalkan potensi dan manfaatnya bagi tata kelola pemerintahan yang lebih baik.

Referensi

Prabowo, H., Suwanda, D., & Syafri, W. (2022). Inovasi pelayanan pada organisasi publik. http://eprints2.ipdn.ac.id/id/eprint/846

Amri, D. (2020). Komunikasi pemerintah di era digital: hubungan masyarakat dan demokrasi. Jurnal Pekommas, 5(1), 73-82.

Ellison, N., & Hardey, M. (2014). Social media and local government: Citizenship, consumption and democracy. Local government studies, 40(1), 21-40. https://doi.org/10.1080/03003930.2013.799066

Farhatiningsih, L. (2018). Optimalisasi Penggunaan Instagram dalam Praktik Kehumasan Pemerintah. Diakom, 1(1), 278575. https://doi.org/10.17933/diakom.v1i1.14

Feroza, C. S. B., & Misnawati, D. (2020). Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Akun@ Yhoophii_Official Sebagai Media Komunikasi Dengan Pelanggan. Jurnal Inovasi, 14(1), 32-41. https://doi.org/10.33557/ji.v14i1.1397

Hastrida, A. (2021). Proses Pengelolaan Media Sosial Pemerintah: Manfaat Dan Risiko Process Of Government Social Media Management: Benefit And Risk. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik Vol, 25(2), 149-165.

Kim, S. K., Park, M. J., & Rho, J. J. (2015). Effect of the Government's Use of Social Media on the Reliability of the Government: Focus on Twitter. Public Management Review, 17(3), 328-355. https://doi.org/10.1080/14719037.2013.822530

Lenak, S. C., Sumampow, I., & Waworundeng, W. (2021). Efektivitas Pelayanan Publik Melalui Penerapan Electronic Government Di Dinas Pendidikan Kota Tomohon. GOVERNANCE, 1(1).

Mergel, Ines. (2013). The future of new technologies in government. International Affairs Forum. 4. https://doi.org/10.1080/23258020.2013.824252

Monoarfa, H. (2012). Efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pelayanan publik: Suatu tinjauan kinerja lembaga pemerintahan. Jurnal Pelangi Ilmu, 5(01).

Omar, K., Stockdale, R., & Scheepers, H. (2014). Social media use in local government: An Australian perspective. International Journal of Public Administration, 37(10), 666-675. https://doi.org/10.1080/01900692.2014.903270

Pratiwi, D. E., & Wihardi, D. (2018). Publikasi Kegiatan Pemerintah Kabupaten Karawang Melalui Instagram. PANTAREI, 2(3).

Saleh, R. (2021). PERAN SOSIAL MEDIA DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEMERINTAH. JURNAL DINAMIKA, 1(1), 36-39. https://doi.org/10.54895/dinamika.v1i1.771

Tagliacozzo, S., & Magni, M. (2018). Government to Citizens (G2C) communication and use of social media in the post-disaster reconstruction phase. Environmental Hazards, 17(1), 1-20. https://doi.org/10.1080/17477891.2017.1339012

Ulayya, K. N., Priharsari, D., & Perdanakusuma, A. R. (2022). Pemanfaatan Media Sosial untuk Pemerintahan: Bagaimana Dinas-Dinas Pemerintah Kota menggunakan Media Sosial untuk Berkomunikasi dengan Masyarakat. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 6(5), 2064-2071.

Wirtz, B. W., Daiser, P., & Mermann, M. (2018). Social media as a leverage strategy for open government: an exploratory study. International Journal of Public Administration, 41(8), 590-603. https://doi.org/10.1080/01900692.2017.1289388

Data Indonesia. (2023, november 14). Pengguna Media Sosial di Indonesia Sebanyak 167 Juta pada 2023. Retrieved from dataindonesia.id : https://dataindonesia.id/internet/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-sebanyak-167-juta-pada-2023

Data Indonesia. (2023, november 14). Pengguna Instagram di RI Sebanyak 111,19 Juta per September 2023. Retrieved from dataindonesia.id : https://dataindonesia.id/internet/detail/pengguna-instagram-di-ri-sebanyak-11119-juta-per-september-2023

Social Blade. (2023, november 29). Instagram Stats Summary Dikominfokrwkab. Retrieved from socialblade : https://socialblade.com/instagram/user/diskominfokrwkab/monthly

Peraturan Bupati Karawang Nomor 67 Tahun 2021 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas, Fungsi Dan Tata Kerja Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Karawang

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-29

Cara Mengutip

Syarif Abdilah, & Hanny Purnamasari. (2024). EFEKTIVITAS PENYEBARAN INFORMASI PUBLIK MELALUI INSTAGRAM OLEH DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN KARAWANG. Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 10(2), 334–350. https://doi.org/10.25157/moderat.v10i2.3682

Terbitan

Bagian

Articles