INOVASI BUS RAPID TRANSIT TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAN PADA TRANSPORTASI PUBLIK DI KOTA TANGERANG

Penulis

  • Euis Septiaty Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Dea Indah Tri Asusti Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Indah Runingsah Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Yusuf Fadli Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.25157/moderat.v10i2.3722

Kata Kunci:

Tranportasi publik, Bus Rapid Transit, Kepuasan Masyarakat, Kota Tangerang

Abstrak

Mobilitas warga perkotaan ditunjukkan melalui sistem transportasi yang didukung oleh kebijakan dan jaringan transportasi yang memadai. Pemerintah Kota Tangerang berusaha mewujudkan komitmen tersebut melalui transportasi berbasis Bus Rapid Transit (BRT) yang berkelanjutan dan berorientasi kepada pengembangan kota-kota modern. Tujuan dari penelitian adalah untuk melihat apakah mobilitas transportasi dalam BRT Kota Tangerang memiliki hubungan dengan kepuasan masyarakat pengguna layanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menganalisis dua variable, yaitu mobilitas transportasi perkotaan dan kepuasan masyarakat. Penarikan sampel menggunakan teknik multistage random sampling dan melibatkan 100 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa mobilitas transportasi perkotaan belum memberikan dampak yang signifikan terhadap kepuasan masyarakat, dimana hasil uji t menjelaskan Hipotesis yang dilakukan pada penelitian ini tidak sesuai karena nilai t hitung lebih kecil dari t tabel (-0,648 > 0,195). Artinya H0 (Tidak terdapat pengaruh SUM terhadap kepuasan Masyarakat dalam penggunaan BRT) diterima dan H1 (Terdapat pengaruh SUM terhadap kepuasan Masyarakat dalam penggunaan BRT) ditolak karena variabel (x) SUM berpengaruh negatif terhadap variabel (y) kepuasan masyarakat yang memiliki nilai sebesar 0,4% dan 99,6% terpengaruh oleh variabel lain.

Referensi

Ayuningtias, S. H., & Karmilah, M. (2019). Penerapan Transit Oriented Development (Tod) Sebagai Upaya Mewujudkan Transportasi Yang Berkelanjutan. Pondasi, 24(1), 45. https://doi.org/10.30659/pondasi.v24i1.4996

Brotodewo, N. (2010). Penilaian Indikator Transportasi Berkelanjutan Pada Kawasan Metropolitan di Indonesia. Journal of Regional and City Planning, 21(3), 165–182.

Fandy Tjiptono, G. C. (2005). Service, Quality and Satisfaction. Penerbit Andi.

Frazila, R. B., Zukhruf, F., Nugroho, T. S., Karsaman, R. H., & Rahman, H. (2021). Pengembangan metode penilaian indikator transportasi berkelanjutan di Indonesia. Jurnal Teknik Sipil, 28(1), 73–82. https://doi.org/10.5614/jts.2021.28.1.8

Hopkins, E. A. (2018). The influence of public transportation on housing values. International Journal of Sustainable Development and World Ecology, 25(3), 206–215. https://doi.org/10.1080/13504509.2017.1382398

Irwansyah, D. (2016). Evaluasi Kinerja Bus Transjakarta Koridor 3 (Kalideres-Pasar Baru). Jurnal Planesa, 7(2), 13–26.

Janthy, O. :, Hidayat, T., & Sidiq, J. (2021). Smart Mobility Dalam Pengembangan Konsep Smart City Di Kota Bogor. Jurnal Teknik, 22(2), 18–24.

Loilatu, M. J., Rahmawat, D. E., & Efendi, D. (2020). Manajemen Transportasi Cerdas BRT Jakarta. TRANSFORMASI: Jurnal Manajemen Pemerintahan, 12(1), 93–105. https://doi.org/10.33701/jtp.v12i1.894

Muhammad Yusuf Ridhani, Miftahul Ridhoni, A. A. P. (2021). Isu Strategis Terkait Transportasi dalam Pengembangan Perencanaan Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Baru Muhammad. SPECTA Journal of Technology Vol, 5(1), 13–21.

Nugroho, D. A., & Malkhamah, S. (2018). Manajemen Sistem Transportasi Perkotaan Yogyakarta. Jurnal Penelitian Transportasi Darat, 20(1), 9. https://doi.org/10.25104/jptd.v20i1.640

Roberto, A., Kadir, A., & Angelia, N. (2019). Analisis Kepuasan Masyarakat dalam Pelayanan Kepala Desa Medan Estate Kecamatan Percut Sei Tuan. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, Dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 1(1), 35–41. https://doi.org/10.31289/jipikom.v1i1.172

Romadlon, F., & Saintika, Y. (2020). Preferensi Pengguna terhadap Layanan Bus Rapid Transit (BRT) Purwokerto-Purbalingga. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik (JMTRANSLOG), 7(2), 154. https://doi.org/10.54324/j.mtl.v7i2.359

Solecka, K., & Zak, J. (2014). Integration of the Urban public transportation system with the application of traffic simulation. Transportation Research Procedia, 3(July), 259–268. https://doi.org/10.1016/j.trpro.2014.10.005

Sudijono, A. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Rajawali Press.

Sulistiyono. (2022). Kemacetan Kendaraan Pengguna BBM Fosil dan DampaknyaTerhadap Kerugian Ekonomi dan Lingkungan. Majalah Ilmiah Swara Pat, 12(2), 12–21.

Sulistyowati, A., & Muazansyah, I. (2019). Pemodelan Transportasi Adalah Media Yang Paling Efektif Dan Efisien Yang Dapat Menggabungkan Semua Faktor Tersebut Dan Keluarannya Dapat Digunakan Untuk Memecahkan Permasalahan Transportasi Baik Pada Masa Sekarang Maupun Pada Masa Yang Akan Datang. IAPA Proceedings Conference, 152–165.

Wahyudin, D. (2018). Peluang Dan Tantangan “Big Data” Dalam Membangun “Smart City” Untuk Sistem Transportasi. Jurnal Reformasi Administrasi:, 5(1), 109–115. http://ojs.stiami.ac.id/index.php/reformasi/article/view/270

Wijayanto, H. (2019). Peranan Penggunaan Transportasi Publik di Perkotaan (Studi Kasus Penggunaan Kereta Commuterline Indonesia Rute Jakarta-Bekasi). Kybernan: Jurnal Studi Kepemerintahan, 5(2), 1–8. https://doi.org/10.35326/kybernan.v5i2.365

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-28

Cara Mengutip

Septiaty, E., Asusti, D. I. T., Runingsah, I., & Fadli, Y. (2024). INOVASI BUS RAPID TRANSIT TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAN PADA TRANSPORTASI PUBLIK DI KOTA TANGERANG. Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 10(2), 217–231. https://doi.org/10.25157/moderat.v10i2.3722

Terbitan

Bagian

Articles