ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PERSONAL BRANDING GANJAR PRANOWO MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK MENUJU PEMILIHAN PRESIDEN TAHUN 2024 (Studi Kasus pada Perguruan Tinggi Negeri di Jawa Tengah)

Penulis

  • Azmi Muttaqin Universitas Wahid Hasyim, Semarang, Indonesia
  • Yulita Nilam Fridiyanti Universitas Wahid Hasyim, Semarang, Indonesia
  • Bibit Khoiriyatul Arbain Universitas Wahid Hasyim, Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25157/moderat.v10i2.3913

Kata Kunci:

Personal Branding, Politisi, Media Sosial, TikTok

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Persepsi Mahasiswa terhadap Personal Branding Ganjar Pranowo melalui media sosial TikTok menuju Pemilihan Presiden Tahun 2024 di kalangan mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri di Jawa Tengah. Dengan menggunakan teori McNally dan Speak, penelitian ini mengekplorasi bagaimana Ganjar Pranowo memanfaatkan strategi personal brandingnya untuk membangun citra yang kuat dan memperluas jangkauan pesan politiknya di TikTok. Metode analisis konten digunakan untuk mengidentifikasi pesan dan gaya komunikasi yang digunakan oleh Ganjar Pranowo dalam konten TikTok dengan 7,7juta pengikutnya dan 722 konten video sampai pada bulan Oktober 2023. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti menggunakan metode ini agar bisa menganalisa persepsi mahasiswa mengenai personal branding. Teknik pengambilan data diambil melalui studi literatur, wawancara dan dokumentasi. Ini bertujuan agar data yang diperoleh bisa lebih komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ganjar Pranowo berhasil memanfaatkan keaslian, konsistensi, dan keterlibatan pengikut dalam memperkuat citranya. Selain itu, strategi konten yang relevan dengan isu-isu bagi kalangan mahasiswa juga membantu meningkatkan popularitasnya. Secara umum, penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana personal branding melalui media sosial dapat menjadi alat efektif dalam memengaruhi opini dan perilaku pemilih.

Referensi

A. Rafiq. (2020). Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat. Jurnal Global Komunika Vol. 1, No. 1, Juli.

Abdillah, Leon. (2022). Peranan Media Sosial Modern. Palembang : Bening Media Publishing.

Angelina, Ghita. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah di Kota Makassar. Jurnal Manajemen, Vol 10. Nomor 1

D.P Adawiyah. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang, Jurnal Komunikasi, Vol 14 No. 2.

Datakata. URL :https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/19/pengguna-tiktok -terus-bertambah-sampai-kuartal-i-2022. Diakses 2 Oktober 2023 Pukul 22.15 WIB

David, McNally dan Karl D Speak. (2014). Be Your Own Brand, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Haroen, Dewi. (2014). Personal Branding Kunci Kesuksesan Anda Berkiprah di Dunia Politik, Jakarta : Gramedia.

Hasiholan, Togi Prima. Rezki Pratami dan Umaimah Wahid. (2020). Pemanfaatan Media Sosial TikTok Sebagai Media Kampanye Gerakan Cuci Tangan Di Indonesia Untuk Pencegahan Corona Covid-19. Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5 No. 2.

Hidayatullah, Gusti Rahmat. (2021). Skripsi Personal Branding Ganjar Pranowo Melalui Media Sosial (Analisis Teori Peter Montonya Pada Akun Instagram @Ganjar_Pranowo). UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

Intan, Siti Nur dan Sylvana Murni. (2020). Pendampingan Penggunaan Media Sosial Yang Cerdas Dan Bijak Berdasarkan Undang-Undang Informasi Dan Transaksi Elektronik. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. Vol. 2, No. 1.

Kompas.com (https://tekno.kompas.com/read/2020/02/25/12320007/video-tiktok-malah-populer-di-instagram-mengapa-) Diakses 9 Oktober 2023 Pukul 22.30 WIB.

KPU.go.id. URL (https://www.kpu,go,id/berita/baca/11702/dpt-pemilu-2024-nasional-2048-juga-pemilih) Diakses 12 Desember 2023 Pukul 12.50 WIB

Kurniasih, Dewi, dkk. (2021). Teknik Analisa. Penerbit Alfabeta : Bandung.

Moleong, Lexy J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial dalam Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media

Perdana, Aditya dkk. (2019). Tata Kelola Pemilu di Indonesia. Jakarta Pusat: Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia

Purnomo, Herdaru, Mandra Adi Gunawan, Dinda Firda Anggraini. (2020). Tiktok Sebagai Instrumen Media Sosial Baru Dalam Komunikasi Politik, Syntax Literate. Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 7, No. 10.

Rahmah, Syifaur. (2021). Personal Branding Ganjar Pranowo untuk Membangun Komunikasi Politik di Media Sosial Instagram. Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 5. No. 1, Januari.

S. Raharjo. (2019). The Master Book Of Personal Branding, Jogjakarta: QUADRANT.

Safitri, Ghabie Aulia. (2021). Skripsi Strategi Personal Branding Ganjar Pranowo Melalui Media Sosial Pribadi @Ganjar_Pranowo. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Sarbaini. (2015). Demokratisasi dan Kebebasan Memilih Warga Negara dalam Pemilihan Umum. Jurnal Inovatif. Vol 3 No. 1

Setiadi, Ahmad. (2016). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi, AMIK BSI Karawang.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D, Bandung : Penerbit Alfabeta.

Sulthan, Muhammad dan Bekti Istiyanto. (2019). Model Literasi Media Bagi Mahasiswa. Jurnal ASPIKOM Vol. 3, No. 6, Januari.

Surahman, Amin dan Muhammadsyah Siregar. (2015). Pemimpin dan Kepemimpinan dalam Al-Qur’an. Jurnal Tanzil, Vol. 1, No. 1, Oktober.

Suryani, Ita. (2014). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Produk Dan Potensi Indonesia dalam Upaya Mendukung ASEAN Community. Jurnal Komunikasi, Vol 8 No, 2.

Susilowati. (2018). Pemanfaatan Aplikasi TikTok sebagai Personal Branding di Instagram. Jurnal Komunikasi Vol 9 No. 2.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-28

Cara Mengutip

, A. M., , Y. N. F., & , B. K. A. (2024). ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PERSONAL BRANDING GANJAR PRANOWO MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK MENUJU PEMILIHAN PRESIDEN TAHUN 2024 (Studi Kasus pada Perguruan Tinggi Negeri di Jawa Tengah). Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 10(2), 232–253. https://doi.org/10.25157/moderat.v10i2.3913

Terbitan

Bagian

Articles