PENGARUH KEBIJAKAN SISTEM ZONASI DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 1 MAJENANG

Penulis

  • Sabrina Putri Ratna Dewi Universitas Tidar, Magelang, Indonesia
  • Tri Asih Wismaningtyas Universitas Tidar, Magelang, Indonesia
  • Yuni Kurniasih Universitas Tidar, Magelang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25157/moderat.v10i4.4043

Kata Kunci:

PPDB, Kebijakan Sistem Zonasi, Tingkat Kepuasan

Abstrak

Kebijakan sistem zonasi merupakan kebijakan pemerintah pada pelaksanaan PPDB yang didasarkan pada radius zona satuan pendidikan dengan tempat tinggal peserta didik yang bertujuan untuk memberikan peserta didik kesempatan yang sama dalam mendapat layanan pendidikan yang berkualitas serta menghilangkan diskriminasi. Namun, dalam penerapannya kebijakan sistem zonasi masih menemukan beberapa permasalahan. Hal tersebut dapat dilihat dalam PPDB dengan menerapkan kebijakan sistem zonasi di SMA Negeri 1 Majenang yang masih menemukan beberapa permasalahan yang diantaranya yakni ditemukan masih adanya tindakan manipulasi data oleh calon peserta didik baru. Selain itu, masih ditemukan pula kasus migrasi domisili. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kebijakan sistem zonasi terhadap tingkat kepuasan peserta didik di SMA Negeri 1 Majenang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survey. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik di SMA Negeri 1 Majenang yang berjumlah sekitar 1.140 siswa. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling dengan perhitungan menggunakan rumus Slovin yang hasilnya adalah 100 responden. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa terdapat hubungan yang kuat dan positif antara variabel kebijakan sistem zonasi dengan variabel tingkat kepuasan, yang mana kebijakan sistem zonasi berpengaruh sebesar 47,3% terhadap variabel tingkat kepuasan.

Referensi

Aristantia, I. (2018). Problematika Penerapan Sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru di Indonesia.

Efendi, D. (2015). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Padang.

Handayani, H. (2022). Pengaruh Sistem Zonasi Terhadap Tingkat Kepuasan Orang Tua Dan Peserta Didik Di SDN 23 Biringere. Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Sinjai.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan (1st ed.). Unitomo Press.

Modul Zonasi Pendidikan “Membangun Inspirasi tanpa Diskriminasi”. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mulawati, S. (2021). Evaluasi Kebijakan Sistem Zonasi Sekolah Pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Di Kabupaten Boyolali. Universitas Tidar. Magelang.

Nurkhofifah, N. (2022). Pengaruh Sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru Terhadap Tingkat Kepuasan Peserta Didik Memilih Sekolah di SMA Negeri 4 Pandeglang. Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin.

Ombudsman Temukan Lima Masalah Pelaksanaan PPDB. https://www.merdeka.com/peristiwa/ombudsman-temukan-lima-masalah-pelaksanaan-ppdb.html. (diakses pada 18 Januari 2024).

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online. https://ppdb.jatengprov.go.id/#/. (diakses pada 22 September 2023).

Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 13 Tahun 2023 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan dan Sekolah Luar Biasa.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Sekolah Menengah Kejuruan.

Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Penerimaan Peserta Didik Baru SMA Negeri dan SMK Negeri Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2023/2024. Semarang : Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan.

Rohmatillah, F. (2020). Pengaruh Sistem Zonasi Sekolah Terhadap Tingkat Kepuasan Peserta Didik Memilih Sekolah Di SMA Negeri 12 Surabaya Tahun Pelajaran 2019/2020. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2nd ed). Alfabeta.

Tunianingsih, I.A. (2022). Pengaruh Penerapan Kebijakan Sistem Zonasi Terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 10 Tangerang Selatan. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-22

Cara Mengutip

Sabrina Putri Ratna Dewi, , T. A. W., & , Y. K. (2024). PENGARUH KEBIJAKAN SISTEM ZONASI DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 1 MAJENANG. Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 10(4), 710–722. https://doi.org/10.25157/moderat.v10i4.4043

Terbitan

Bagian

Articles