SEWAKA DHARMA AKTUALISASI PELAYANAN PUBLIK DI KOTA DENPASAR
DOI:
https://doi.org/10.25157/moderat.v10i4.4057Kata Kunci:
birokrasi; pelayanan publik; e-governmentAbstrak
Reformasi birokrasi merupakan sebuah tuntutan yaitu melalui melakukan inovasi dalam pelayanan publik. Hal ini dilakukan untuk memberikan kepuasan kepada masyarakat. Saat ini, teknologi dan digitalisasi menjadi bagian penting dalam kehidupan sosial masyarakat. Teknologi secara langsung merubah pola pikir masyarakat menjadi lebih praktis dan responsif menanggapi fenomena yang ada. Problematikanya yaitu, birokrasi dalam memberikan pelayanan publik cenderung lambat dalam merespon sebuah perkembangan teknologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang mana data diperoleh dari hasil observasi dan wawancara. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskusikan pelayanan publik berbasis e-government terkait penerapannya selama ini, kesesuaian motto dengan realitas yang ada, peran teknologi dalam pelayan publik serta kajian administrasi publik. Kota Denpasar menjadi salah satu daerah yang mencoba dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakatnya. Sewaka dharma menjadi sebuah motto yang artinya melayani adalah kewajiban dalam diri birokrat dan birokrasi di kota Denpasar. Salah satu langkahnya yaitu, dengan penerapan e-government sebagai cara mendekatkan dan meningkatkan kinerja pelayanan publik kepada masyarakat. Hasilnya adalah sewaka dharma sebagai motto kewajiban melayani bagi birokrat kota Denpasar, telah sesuai dengan konsep Nawa Cita yang ditegakkan oleh Presiden Republik Indonesia.
Referensi
Arikunto; 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta : Gaung Persada Press
Basyiruddin Usman. 2022. Media Pendidikan. Jakarta: Ciputat Press
Cintyawati, Birantika, Indartuti, Endang, dkk. (2017). Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 20(2), 175-188
Dwiyanto, Agus. 2016. Mewujudkan Governance Melalui Pelayanan Publik. Gramedia Pustaka Jakarta
Guntur Setiawan.2014. Implementasi Dalam Birokrasi Pembangunan. Jakarta: Balai Pustaka.
Hidayat, Wahyu, Hartwan, dkk (2018). Journal Of Public Administration Studies, 3(1), 38–53
Kumorotomo, Wahyudi. Widaningrum, Ambar.2010. Reformasi Aparatur Negara Ditinjau Kembali.Gava Media: Yogyakarta
Nasrulhaq (2019); Journal Of Public Administration Research And Theory, 22(1), 1–29,
Purbokusumo, Yuyun, Margono, Agus subando ed. 2015. Manajemen Publik Kotemporer. Penerbit Gava Media: Yogyakarta.
Sabarrudin, Abdul; 2020. JPPM: Journal of Public Policy and Management, 1(1), 1-44
Siswantara, Yusuf (2016). "Sewaka Darma: Pembelajaran Keutamaan Kehidupan dan Implikasi Pedagogisnya" (dalam bahasa Indonesia). ISSN 2406-8098
Supriatna, Tjahya. 2000. Administrasi Birokrasi dan Pelayanan Publik. Nimas Mutima.Jakarta
Utoyo, Bambang; (2017). Journal Of Public Administration Research And Theory, 18(4), 543-571
Widanti, N. P. T. (2022). Konsep Good Governance dalam Perspektif Pelayanan Publik: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Abdimas Peradaban, 3(1), 73-85.
Yasa, I Wayan Suka. 2011. Sewaka Dharma : Melayani adalah Kewajiban. Penerbit Esbe: Denpasar.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan © 2023 by Program Studi Ilmu Pemerintahan is licensed under CC BY-SA 4.0