SEWAKA DHARMA AKTUALISASI PELAYANAN PUBLIK DI KOTA DENPASAR

Penulis

  • Ni Luh Putu Ening Permini Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Ngurah Rai, Indonesia
  • I Kadek Dede Junaedy Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Ngurah Rai, Indonesia
  • Cok Gde Agung Kusuma Putra Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Ngurah Rai, Indonesia
  • Cokorda Putra Indrayana Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Ngurah Rai, Indonesia
  • Ni Kadek Ayu Dewi Purnama Sari Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Ngurah Rai, Indonesia
  • Wayan Aprilia Dwiyanti Saputri Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Ngurah Rai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25157/moderat.v10i4.4057

Kata Kunci:

birokrasi; pelayanan publik; e-government

Abstrak

Reformasi birokrasi merupakan sebuah tuntutan yaitu melalui melakukan inovasi dalam pelayanan publik. Hal ini dilakukan untuk memberikan kepuasan kepada masyarakat. Saat ini, teknologi dan digitalisasi menjadi bagian penting dalam kehidupan sosial masyarakat. Teknologi secara langsung merubah pola pikir masyarakat menjadi lebih praktis dan responsif menanggapi fenomena yang ada. Problematikanya yaitu, birokrasi dalam memberikan pelayanan publik cenderung lambat dalam merespon sebuah perkembangan teknologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang mana data diperoleh dari hasil observasi dan wawancara. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskusikan pelayanan publik berbasis e-government terkait penerapannya selama ini, kesesuaian motto dengan realitas yang ada, peran teknologi dalam pelayan publik serta kajian administrasi publik. Kota Denpasar menjadi salah satu daerah yang mencoba dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakatnya. Sewaka dharma menjadi sebuah motto yang artinya melayani adalah kewajiban dalam diri birokrat dan birokrasi di kota Denpasar. Salah satu langkahnya yaitu, dengan penerapan e-government sebagai cara mendekatkan dan meningkatkan kinerja pelayanan publik kepada masyarakat. Hasilnya adalah sewaka   dharma sebagai motto kewajiban melayani bagi birokrat kota Denpasar, telah sesuai dengan konsep Nawa Cita yang ditegakkan oleh Presiden Republik Indonesia.

Referensi

Arikunto; 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta : Gaung Persada Press

Basyiruddin Usman. 2022. Media Pendidikan. Jakarta: Ciputat Press

Cintyawati, Birantika, Indartuti, Endang, dkk. (2017). Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 20(2), 175-188

Dwiyanto, Agus. 2016. Mewujudkan Governance Melalui Pelayanan Publik. Gramedia Pustaka Jakarta

Guntur Setiawan.2014. Implementasi Dalam Birokrasi Pembangunan. Jakarta: Balai Pustaka.

Hidayat, Wahyu, Hartwan, dkk (2018). Journal Of Public Administration Studies, 3(1), 38–53

Kumorotomo, Wahyudi. Widaningrum, Ambar.2010. Reformasi Aparatur Negara Ditinjau Kembali.Gava Media: Yogyakarta

Nasrulhaq (2019); Journal Of Public Administration Research And Theory, 22(1), 1–29,

Purbokusumo, Yuyun, Margono, Agus subando ed. 2015. Manajemen Publik Kotemporer. Penerbit Gava Media: Yogyakarta.

Sabarrudin, Abdul; 2020. JPPM: Journal of Public Policy and Management, 1(1), 1-44

Siswantara, Yusuf (2016). "Sewaka Darma: Pembelajaran Keutamaan Kehidupan dan Implikasi Pedagogisnya" (dalam bahasa Indonesia). ISSN 2406-8098

Supriatna, Tjahya. 2000. Administrasi Birokrasi dan Pelayanan Publik. Nimas Mutima.Jakarta

Utoyo, Bambang; (2017). Journal Of Public Administration Research And Theory, 18(4), 543-571

Widanti, N. P. T. (2022). Konsep Good Governance dalam Perspektif Pelayanan Publik: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Abdimas Peradaban, 3(1), 73-85.

Yasa, I Wayan Suka. 2011. Sewaka Dharma : Melayani adalah Kewajiban. Penerbit Esbe: Denpasar.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-27

Cara Mengutip

Ni Luh Putu Ening Permini, I Kadek Dede Junaedy, Cok Gde Agung Kusuma Putra, Cokorda Putra Indrayana, Ni Kadek Ayu Dewi Purnama Sari, & Wayan Aprilia Dwiyanti Saputri. (2024). SEWAKA DHARMA AKTUALISASI PELAYANAN PUBLIK DI KOTA DENPASAR . Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 10(4), 686–697. https://doi.org/10.25157/moderat.v10i4.4057

Terbitan

Bagian

Articles