IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN GRATIS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KABUPATEN BULUKUMBA
DOI:
https://doi.org/10.25157/moderat.v11i1.4500Abstrak
Penerapan kebijakan pendidikan gratis dalam meningkatkan prestasi siswa memberikan manfaat bagi peningkatan mutu pendidikan terutama sekolah menengah atas di Kabupaten Bulukumba dengan meningkatkan partisipasi siswa dalam motivasi belajar yang didukung oleh tenaga pengajar serta sarana prasarana yang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi kebijakan pendidikan gratis dalam meningkatkan prestasi siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kabupaten Bulukumba yang di dukung sarana dan prasarana yang baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif berfokus pada analisis studi kasus dengan menggunakan model interaktif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kebijakan pendidikan gratis pada proses pembelajaran dalam meningkatkan prestasi siswa dalam proses pembelajaran berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dengan adanya kebijakan ini maka proses pembelajaran dalam menigkatkan prestasi belajar siswa serta sumber daya terutama guru semakin baik. Disisi lain pada pengadaan sarana dan prasarana belum maksimal hal ini disebabkan alokasi dana pendidikan gratis di Kabupaten Bulukumba setiap tahunnya berkurang sehingga berdampak pada proses belajar dan prestasi siswa serta peningkatan kesejahteraan guru terlihat kurang maksimal terutama pemberian insentif kelebihan mengajar sehingga mempengaruhi prestasi siswa dalam belajar.
Referensi
Ahmad, B., & Weyai, S. S. (2021). Implementasi Kebijakan Pendidikan Gratis di SMP Negeri 4 Biak Timur Kabupaten Biak Numfor. Govenance and Plitics (JGP), 1(3), 37–43.
Hamidi, A., Isjnoni, & Azhar. (2022). Implementasi Kebijakan Sekolah Gratis di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Madani Pekanbaru. Instructional Development Jounal, 5(1), 149–158.
Jumadi, Dedi, K., & Mahyudin, S. (2014). Implementasi Kebijakan Pendidikan Gratis di Kabupaten Kayong Utara. Tesis PMIS-UNTAN-PSIAN-2014, 1(1), 1–21.
Jusman. (2023). Implementasi Peraturan Bupati Tentang Biaya Operasional Satuan Pendidikan (BOSP) di Kabupaten Bulukumba. Astina Mandiri, 2(19), 28–44.
Melky, M., Remelia, & F, D. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Program Pendidikan Gratis Guna Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar di Kecamatan Bacan Timur Kabupaten Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara. Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 3695–3709.
Muhartono, D. S., Wahyuni, S., Umiyati, S., Azhar, A. W., & Irawati, I. (2023). Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Rangka Peningkatan Hasil Belajar. PUBLICIANA, 16(4), 1–48.
Nunung, M., & Hadi, R. P. (2022). Implementasi Kebijakan Peraturan Daerah Nomor 26 Tahun 2009 Tentang Pendidikan Gratis Tingkat Sekolah Menengah Atas Pertama Oleh Dinas Pendidikan di Kabupaten Bandung. JISPOL, 6(April), 99–121.
Octavianti, F. S. (2023). Implementasi Konvensi Hak Anak di Kota Jakarta Utara ( Studi Kasus : Pemenuhan Hak Asasi Manusia Perspektif Pendidikan bagi Pelajar SMA ). Pedagogi, 1945(1), 30–37.
Rolos, C. M., Johny, P. H., & Very, L. Y. (2022). Implementasi Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Pelaksanaan Pendidikan Gratis Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Minahasa Tenggara. JAP, VIII(113), 1–9.
Saputra, N., Muhammad, & Supriatna, U. (2023). EVALUASI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN GRATIS (S. Nanda (ed.); 1st ed., Issue April). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Yakob, N. N. (2021). Peran Komunikasi dalam Implementasi Kebijakan Perluasan Akses Pendidikan secara Merata (Pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Gorontalo). Ideaspublishing.co.id, 7(3), 231–240. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.463
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan © 2023 by Program Studi Ilmu Pemerintahan is licensed under CC BY-SA 4.0