IMPLEMENTASI PROGRAM LEDIG (LEBU DIGITAL) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI DESA CANGKINGAN KECAMATAN KEDOKANBUNDER KABUPATEN INDRAMAYU

Penulis

  • Lurhfi Faisal Natsir Program Studi Ilmu Pemerintahan, Universitas Wiralodra, Indramayu, Indonesia
  • Ismanudin Program Studi Ilmu Pemerintahan, Universitas Wiralodra, Indramayu, Indonesia
  • Rizki Ilham Juliansyah Program Studi Ilmu Pemerintahan, Universitas Wiralodra, Indramayu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25157/moderat.v11i1.4530

Kata Kunci:

Implementasi, Desa Digital,, Lebu, Smart Village,, Pelayanan Publik

Abstrak

Program Ledig merupakan Program Unggalan dari Bupati Indramayu, masalah yang ditemukan di program ini yaitu keterbatasan sumber daya manusia dan sumber dana yang ada di Desa Cangkingan, bahwa peralihan pelayanan dari manual menjadi digital bukanlan biaya yang cukup sedikit disamping merubah cara pikir perangkat desa. Dengan permasalahan yang sudah disebutkan peneliti memiliki Tujuan yaitu untuk menganalisis Implementasi Program Ledig dalam meningkatkan pelayanan publik di Desa Cangkingan. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan deskriptif kualitatif. Pada Implementasi Program Ledig dalam meningkatkan pelayanan publik, Desa Cangkingan telah membuat pelayanan mandiri bagi warga yang ingin mendapatkan pelayanan secara online dan hasilnya akan langsung diantarkan oleh pamong desa ke rumah pemohon. Selain itu dengan adanya Program Ledig Desa Cangkingan melakukan pengembangan fasilitas online dengan membuat marketpalce “lapak online” paltform ini diperuntukkan bagi warga desa yang tercatat  memiliki usaha UMKM. Kendala pada pelaksanaan yaitu segala pengembangan digital dibebankan kepada sumber Dana Desa hal itu menjadi tantangan tersendiri bagi Kepala Desa Cangkingan yang mana anngaran tersebut terbatas dan tidak hanya untuk pengembang digitalisasi saja.

 

Referensi

Allan, G., & Tirayoh, T. (2023). Implementasi Kebijakan Program Desa Digital Dalam Upaya Kemajuan Pelayanan Publik Di Desa Kauditan I Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. 3(1), 1–11.

Aziz, R. A., Hartono, S., & Puspaningtyas, A. (2022). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis E-Government: Studi tentang Pelayanan Akta Kelahiran melalui e-Lampid Kota Surabaya. Journal of Office Administration: Education and Practice, 2(3), 211-220.

Danuri, M. (2019). Perkembangan dan transformasi teknologi digital. Infokam, 15(2), 116–123.

Dewi, N. L. Y. (2023). Upaya Pengembangan Pembangunan Smart Village Berdasarkan Formulasi Strategi Komunikasi Dan Advokasi Kebijakan. Governance: Jurnal Ilmiah Kajian Politik Lokal Dan Pembangunan, 10(2).

H. K. A., & Hanny Purnamasari. (2024). Efektivitas Digitalisasi Pelayanan Publik Melalui Aplikasi Digital Korlantas Polri. Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 10(3), 511–522.https://doi.org/10.25157/moderat.v10i3.3668

Juliarso, A. (2019). Analisis implementasi e-government dalam meningkatan kinerja pelayanan publik pada pemerintah daerah kabupaten ciamis. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 10(1), 10-15.

Kusuma, A. A., Wasistiono, S., & Pitono, A. (2021). Penerapan E-Government Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bandung Provinsi Jawa Barat. VISIONER: Jurnal Pemerintahan Daerah Di Indonesia, 13(2), 154-157.

Muliawaty, L., & Hendryawan, S. (2020). Peranan e-government dalam pelayanan publik (studi kasus: Mal pelayanan publik Kabupaten Sumedang). Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 11(2), 45-57.

Natsir, L. (2018). Implementasi Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Menangani Pedagang Kaki Lima Kawasan Zona Merah Di Kota Bandung. Aspirasi, 8(2), 24-31.

Park, C., & Cha, J. (2019). A trend on smart village and implementation of smart village platform. International journal of advanced smart convergence, 8(3), 177-183.

Ratnasari, M. O. B., Noor, I., & Hidayati, F. (2022). Analisis Pengembangan E-Government pada Layanan Administrasi Pemerintahan (Studi pada “SURADI” di Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Malang). Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 8(1), 35-44.

Rusdianto, A. S., Sinatria, B. R., Anarki, B. G. R., Ramadhani, C. P. E., Pradana, D. A., Putri, D. R., ... & Rahmadani, R. A. (2022). Digitalisasi Informasi Desa Bendelan Melalui Program Desa Digital Terintegrasi Di Desa Bendelan Bondowoso. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(6), 727-733.

Siswanto, E. (2023). Implementasi Kebijakan Program Desa Digital dalam Meningkatkan Pelayanan Publik di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember. 1–9.

Tirayoh, G. A. T., & Waworundeng, W. (2023). Implementasi Kebijakan Program Desa Digital Dalam Upaya Kemajuan Pelayanan Publik Di Desa Kauditan I Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. Governance, 3(1).

Wiyana Puspita Ningrum, Dadan Kurniansyah, & Dewi Noor Azijah. (2024). Analisis Keberhasilan Aplikasi Tanggap Karawang Sebagai Perwujudan Ruang Pengaduan Publik Berbasis E-Government Di Pemerintah Kabupaten Karawang. Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 10(3), 497–510.https://doi.org/10.25157/moderat.v10i3.3931

Yanti, D. Y. (2024). Pelaksanaan Smart Village Nusantara Dalam Perspektif Smart Governance Di Desa Kemuning Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar. Journal of Politic and Government Studies, 13(2), 748-764.

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-28

Cara Mengutip

Lurhfi Faisal Natsir, Ismanudin, & Rizki Ilham Juliansyah. (2025). IMPLEMENTASI PROGRAM LEDIG (LEBU DIGITAL) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI DESA CANGKINGAN KECAMATAN KEDOKANBUNDER KABUPATEN INDRAMAYU . Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 11(1), 219–229. https://doi.org/10.25157/moderat.v11i1.4530

Terbitan

Bagian

Articles