TRANSFORMASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS INOVASI DIGITAL (STUDI KASUS DESKRIPTIF PEMERINTAH KOTA SEMARANG)
DOI:
https://doi.org/10.25157/moderat.v11i2.4783Kata Kunci:
Transformasi, Pelayanan Publik, Inovasi, DigitalisasiAbstrak
Untuk memenuhi kebutuhan layanan publik yang semakin kompleks, terutama yang berkaitan dengan kecepatan, efisiensi, dan transparansi, Pemerintah Kota Semarang melakukan perbaikan layanan dengan mengubah sistem konvensional menjadi layanan publik berbasis digitalisasi (e-government). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami lebih mendalam mengenai transformasi pelayanan publik berbasis inovasi digital Pemerintahan Kota Semarang. Untuk mendalami kompleksitas penelitian ini, peneliti akan menggunakan metode penelitian kualitatif melalui pendekatan studi kasus yang bersifat deskriptif. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan pengumpulan dokumen resmi dan wawancara melalui forum diskusi ilmiah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pemerintah Kota Semarang telah melakukan upaya perbaikan layanan publik melalui proses transformasi layanan publik yang dinilai cukup optimal, efektif dan efisien, dengan beberapa tahapan mulai dari tahapan persiapan yang optimal dengan mengedepankan kebutuhan Masyarakat, tahapan pematangan yang efektif dengan implementasi layanan yang sudah berbasis digital, tahapan pemantapan yang selalu mengalami evaluasi dan interoperabilitas antar sistem serta tahapan pemanfaatan yang terintegrasi dengan baik, seperti sistem pelayanan Government to Government (G2G), Government to Business (G2B), dan Government to Citizen (G2C)
Referensi
Aditya Rachman, T. D. (2019). Kualitas Pelayanan Dalam Proses Pembuatan E-Ktp Di Tpdk Dispendukcapil Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang. ournal Of Public Policy And Management Review, 380-391.
Arianto, B. (2022). Melacak Pelayanan Publik Berbasis Media Sosial Pada Masa Pandemi Covid-19 di Provinsi Banten. JRK (Jurnal Riset Komunikasi), 113-136.
Aries Iswahyudi, I. T. (2016). Hubungan pemahaman akuntabilitas, transparansi, partisipasi, value for money dan good governance (Studi empiris pada SKPD di Kabupaten Lumajang). Jurnal Ilmiah Akuntansi , 1(2).
Asrulla, R. M. (2023). Populasi dan sampling (kuantitatif), serta pemilihan informan kunci (kualitatif) dalam pendekatan praktis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 26320-26332.
Fardiah, D. (2005). Focus Group Discussion” dalam Paradigma Pembangunan Partisipatif. Mediator: Jurnal Komunikasi, 95-108.
Firmansyah, D. (2022). Teknik pengambilan sampel umum dalam metodologi penelitian: Literature review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH) , 85-114.
Gioh, A. (2021). Pelayanan Publik E-Government Di Dinas Komunikasi Informatika Kabupaten Minahasa. POLITICO: Jurnal Ilmu Politik, 10(1).
Habsy, B. A. (2017). Seni memehami penelitian kuliatatif dalam bimbingan dan konseling: studi literatur. Jurnal Konseling Andi Matappa , 90-100.
Hasan Syahrizal, M. S. (2023). Jenis-jenis penelitian dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 13-23.
Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). At-Taqaddum, 21-46.
Hertati, D. (2024). Reformasi birokrasi tataran pemerintahan. Malang: Thalibul Ilmi Publishing & Education.
Inas Tasya Firdaus, M. D. (2021). Transformasi Birokrasi Digital Di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Mewujudkan Digitalisasi Pemeritahan Indonesia. Kybernan: Jurnal Studi Kepemerintahan, 226-239.
Irawan, A. (2018). Sistem pelayanan publik berbasis E-government pada pemerintah daerah kabupaten merauke. Societas: Jurnal Ilmu Administrasi Dan Sosial, 20-37.
Isay Wenda, E. S. (2021). Fungsi Pengawasan Dprd Dalam Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik Di Kota Depok Provinsi Jawa Barat. VISIONER: Jurnal Pemerintahan Daerah Di Indonesia 13 (3), 621-651.
Khosyi Mudhoffar, A. F. (2024). Transformasi Budaya Organisasi dalam Mendorong Perilaku Inovatif Pegawai Negeri Sipil: Studi Kasus di Sektor Publik Indonesia. Future Academia: The Journal of Multidisciplinary Research on Scientific and Advanced, 611-619.
Lenaini, I. (2021). Teknik pengambilan sampel purposive dan snowball sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 33-39.
Miftahulkhairah Anwar, J. W. (2020). Penggunaan Metode CIRC Pada Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 173-182.
Muhammad Iqbaal Maulana, M. N. (2022). Inovasi SAKPOLE (Sistem Administrasi Kendaraan Pajak Online) Pada Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Samsat Semarang II. Journal of Public Policy and Management Review, 296-314.
Nabila Khoirun Nissa, S. A. (2018). Pemanfaatan Electronic Goverment untuk mendukung Reformasi Birokrasi Pemerintah pada Pemerintah Kota Semarang. Journal of Politic and Government Studies, 41-50.
Publik, R. P. (2022). Diani Kesuma. Jakarta Selatan: Damera Press.
Radiansyah, R. R. (2020). Reformasi birokrasi sebagai upaya mewujudkan good governance melalui kerangka otonomi daerah. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial Dan Politik (JISoP) , 80-93.
Rahman, A. Z. (2018). Smart City: Inovasi Peningkatan Pelayanan Publik Masa Kini. 76-79.
Riska Chyntia Dewi, S. (2022). Mewujudkan good governance melalui pelayanan publik. Jurnal Media Administrasi, 78-90.
RM Iman Rifai Rusdy, S. F. (2023). Penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) di pemerintah daerah untuk mewujudkan good governance. Lex Lata, 5(2).
Saat, S., & Mania, S. (2020). Pengantar Metodologi Penelitian. Sulawesi Selatan: Pusaka Almaida.
Slamet Hariyanto, H. D. (2021). Evaluasi Kepuasan Masyarakat pada Layanan Publik di Kantor Desa Tanggaran Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek. Publiciana, 307-327.
Syahrul Efendi Rambe, U. T. (2015). Analisis Organisasi Melalui Pendekatan Perilaku Terhadap Kinerja di Kantor Camat Medan Sunggal Kota Medan. Jurnal Administrasi Publik (Public Administration Journal), 218-239.
Taufik, H. W. (2022). Birokrasi baru untuk new normal: tinjauan model perubahan birokrasi dalam pelayanan publik di era Covid-19. Dialogue: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 1-8.
Thahir, M. H. (2018). Reformasi Birokrasi di Indonesia: Tinjauan Dari Perspektif Administrasi Publik. AKPP (Jurnal Analisis Kebijakan & Pelayanan Publik), 25-37.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan © 2023 by Program Studi Ilmu Pemerintahan is licensed under CC BY-SA 4.0