TRANSFORMASI PELAYANAN BERBASIS E- GOVERNMENT PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA BIAK
DOI:
https://doi.org/10.25157/moderat.v11i2.4804Kata Kunci:
Transformasi, Pelayanan, E-GovernmentAbstrak
Banyaknya masyarakat di Papua yang belum mengetahui dengan baik menggunakan sistem online sehingga pendaftaran, pembayaran serta pelaporan pajak dengan online itu tidak teralisasi dengan baik dikarenakan banyaknya wajib pajak yang kurang paham langkah-langkah pengisian, awam di perpajakan yang kemudian membuat mereka harus melakukan pelayanan secara manual.Penelitian ini bertujuan mengetahui tranformasi pelayanan berbaris e-government yang ada pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Biak. Metode Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus digunakan untuk mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan inovasi telah dilakukan dengan baik seperti adanya pemindah bukuan, pencepatan penyelesaian kerja, yang dimana sebelumnya 21 hari kerja di percepat dengan 7 hari, mengalami desain ulang secara internal yang awalnya dilakukan dengan manual sekarang dilakukan dengan digital, adanya pelayanan secara elektronik dari pihak pusat dan KPP biak yang telah menyediakan keamanan seperti adanya password yang di berikan kepada tiap masing-masing wajib pajak pada saat melakukan pendaftaran sehingga keamanan data wajib pajak sudah pasti di jamin akan aman. namun terkadang terkendala oleh sinyal yang terganggu dan pegawai-pegawai yang masih minim IT yang dinilai menjadi kendala dalam menavigasi sistem inovasi dalam tranformasi pelayanan berbasis e-government.
Referensi
Agostino, D., Arnaboldi, M., & Lema, M. . (2020). New development: Covid-19 as an accelerator of digital transformation in public service delivery. Public Money and Management, 41(1), 69–72. https://doi.org/10.1080/09540962.2020.1764206
Ari, D. ., & Hanum, L. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Website Djp Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Modfikasi. E Govqual Profit: Jurnal Administrasi Bisnis, 15(1), 104–111.
Armaniah, H., Marthanti, A. ., & Yusuf, F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Ahass Honda Tangerang. Penelitian Ilmu Manajemen, 2(2), 2614–3747. https://bmspeed7.com
Dzikra, F. . (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Mobil Ud. Sari Motor Di Pekanbaru. Economic and Bussiness, 11(3), 262–267.
Hadi, K., Asworo, L., & Taqwa, I. (2020). Inovasi Dialogis : Menuju Transformasi Pelayanan Publik yang Partisipatif (Kajian Sistem Pelayanan Malang Online). Journal of Government and Civil Society, 4(1), 115–129.
Indrajit, R. . (2005). E-Government in Action. Yogyakarta : Andi Offset.
Istanti, K. Z. (2010). Transfprmasi dan Integrasi dalam Kesusastraan Nusantara: Perbandingan Teks Amir Hamzah Melayu dan Jawa. Humaniora, 22(3), 241–249.
Kusnadi, D., & Ma’ruf, J. (2021). Electronic Government Pemberdayaan Pemerintahan Dan Potensi Kelurahan (Studi Kasus: Kelurahan Pringsewu Selatan, Kecamatan Pringsewu, Pringsewu). Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 5(3), 42–46.
Kusuma, A. . (2021). Penerapan E- government Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bandung Provinsi Jawa Barat. Jurnal Visioner, 13(2), 37–44.
Manangal, B., Kalangi, J. ., & Punuindoong, A. . (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Pelanggan Bengkel Motor Ando Tombatu. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan, 2(1), 42–46. https://doi.org/10.55606/jimak.v1i3.520
Mustafa, K. ., & Deodatus, P. . (2021). Technology and Immigration System: A New Paradigm for Improving Government Service Delivery in Tanzania. PanAfrican Journal Of Gevernance and Development (PJGD), 2(1), 81–106.
Nulhusna, R., Sandhyaduhita, P. ., & Hidayanto, A. . (2017). The Relation of E-Government Quality on Public Trust and its Impact on Public Participation. Transforming Government: People, Process and Policy, 11(3), 393–418.
Nurgiyantoro. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta : BPFE.
Nurgiyantoro, B. (2018). Teori Pengkajian Fiksi. UGM Press.
Putri, S. ., & Arifiansyah, R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Auto Service Cempaka Baru. Panorama Nusantara, 15(1).
Sholeha, L., Djaja, S., & Widodo, J. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Ahass Sumber Jaya Maha Sakti Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 12(1).
Sosiawan, E. A. (2008). Tantangan Dan Hambatan Dalam Implementasi E-Government Di Indonesia. Seminar Nasional Informatika, semnasIF, 99–108.
Utomo, S. ., & Riswanto, I. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Ahass Gumilang Motor Rajagaluh Kabupaten Majengka. Syntax Idea, 1(6), 1–23.
Warren, C. S., James, M. R., & Jonathan, D. (2018). Financial and Managerial Accounting (14th Editi). Boston MA 02210, 20 Channel Center Street.
Yahya. (2015). Manajemen Perubahan, Tantangan Implementasi E-Government. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan © 2023 by Program Studi Ilmu Pemerintahan is licensed under CC BY-SA 4.0