PRINSIP E-STRATEGY YANLIK SMART DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KABUPATEN PURWAKARTA

Penulis

  • Hikmah Nuraeni Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang, Indonesia
  • Dewi Noor Azijah Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang, Indonesia
  • Lolita Debby Mahendra Putri Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25157/moderat.v11i3.4819

Kata Kunci:

Yanlik Smart, E-Government, Pelayanan Publik, Sekretariat Daerah, Kabupaten Purwakarta

Abstrak

Yanlik Smart adalah sebuah website yang berfokus pada layanan publik melalui survei kepuasaan masyarakat untuk meningkatkan pelayanan publik di Kabupaten Purwakarta, sehingga Yanlik Smart hadir untuk membantu memantau sejauh mana pelayanan publik yang diselenggarakan oleh OPD melalui survei kepuasan masyarakat. Adapun fitur-fitur dalam Yanlik Smart yaitu home, OPD, capaian, monev, dna login. Tantangan-tantangan dari pengimplementasian Yanlik Smart yakni pergantian admin di OPD, server down, dan penerima layanan yang kurang paham mengenai proses pengisian Yanlik Smart serta masyarakat ada yang tidak memiliki smartphone untuk mengisi survey secara digital. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis urgensi Yanlik Smart dalam pelayanan publik di Kabupaten Purwakarta sehingga penelitian ini berfokus mengenai apakah Yanlik Smart sudah sesuai atau belum sebagai alat dalam meningkatkan pelayanan publik di Kabupaten Purwakarta. Metode penelitian adalah metode kualitatif dengan desain studi kasus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Yanlik Smart selaras dengan visi pembangunan daerah, memiliki struktur kelembagaan yang jelas, serta didukung oleh strategi dan kebijakan berbasis teknologi informasi. Meskipun regulasi khusus mengenai sistem ini belum tersedia, penerapannya tetap berpedoman pada regulasi yang lebih luas. Selain itu, diperlukan monitoring dan evaluasi secara berkala karena kesiapan sumber daya manusia menjadi faktor penting dalam keberhasilan implementasi Yanlik Smart.

Referensi

Atthahara, H. (2018). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis E-Government : Studi Kasus Aplikasi Ogan Lopian Dinas Komunikasi dan Informatika di Kabupaten Purwakarta. 3(1), 66–77.

Ghony, D., & Almansur, F. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Ar-Ruzz Media.

Indrajit, R. E. (2016). Konsep dan Strategi Electronic Government. https://doi.org/10.1007/BF03251472

Indrayani, E. (2020). E-Government: Konsep, Implementasi dan Perkembangannya di Indonesia. LPP Balai Insan Cendekia.

Khairudin, Soewito, & Aminah. (2021). Potret Kepercayaan Publik, Good Governance dan E-Government di Indonesia. CV. Amerta Media.

Lestari, P. A., Tasyah, A., Syofira, A., Rahmayani, C. A., Cahyani, R. D., & Tresiana, N. (2021). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Digital (E-Government) di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 18(2), 212–224. https://doi.org/10.31113/jia.v18i2.808

Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Harva Creative.

Nurrahman, A., & Rahman, J. (2021). Efektivitas Sicantik Cloud Pada Pelayanan Publik Perizinan Berbasis E- Goverment Dikabupaten Purwakarta. Jurnal Teknologi Dan Komunikasi Pemerintahan, 3(2), 31–50. https://doi.org/10.33701/jtkp.v3i2.2310

Prihartono, D. (2023). Penerapan Pelayanan Publik Berbasis E-Governance Pada Era Revolusi Industri 4.0. Kebijakan : Jurnal Ilmu Administrasi, 14(2), 192–201. https://doi.org/10.23969/kebijakan.v14i2.5179

Prokompim. (2023). Sosialisasi dan Pengenalan Aplikasi Yanlik Smart. https://prokompim.purwakartakab.go.id/berita/read/sosialisasi-dan-pengenalan-aplikasi-yanlik-smart

Purwakarta, P. (2024). Yanlik Smart. https://yanliksmart.purwakartakab.go.id/

Ratnasari, L., Valiant Azhnuri, A., Aliya, E., Muzhiffarah, N., & Wismaningtyas, T. A. (2021). Pelayanan Publik Berbasis Elektronik Melalui Aplikasi “ Monggo Lapor” Di Sekretariat Daerah Kota Magelang. Jurnal Mahasiswa Administrasi Negara (JMAN), 5(2), 2614–4220. https://lapor.magelangkota.go.id/

Rifansyah, M. R., & Pertiwi, V. I. (2024). Penerapan E-Government Aplikasi Laki-El (Laporan Kinerja Elektronik) Pada Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Surabaya. Arden Jaya Publisher, 4(2). http://jurnal.ardenjaya.com/index.php/ajshhttp://jurnal.ardenjaya.com/index.php/ajsh

Winarsih, I. N. (2023). Pemkab Purwakarta Keluarkan Aplikasi Yanlik.Smart Efektif Digunakan 2024, Ini Tujuannya! https://www.lensapurwakarta.com/lensa24/28511206572/pemkab-purwakarta-keluarkan-aplikasi-yanliksmart-efektif-digunakan-2024-ini-tujuannya

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-30

Cara Mengutip

Nuraeni, H., Noor Azijah, D., & Debby Mahendra Putri, L. (2025). PRINSIP E-STRATEGY YANLIK SMART DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KABUPATEN PURWAKARTA. Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 11(3), 952–965. https://doi.org/10.25157/moderat.v11i3.4819

Terbitan

Bagian

Articles