UPAYA PENGEMBANGAN ORGANISASI BANK SAMPAH GEMPITA MELALUI INOVASI MAS MUL

Penulis

  • Alfonsa Krisandra Rosari Andreani Universitas Amikom Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
  • Hanantyo Sri Nugroho Universitas Amikom Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25157/moderat.v11i2.4824

Kata Kunci:

Inovasi, Pengembangan Organisasi, Bank Sampah

Abstrak

Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana inovasi dapat memberikan dampak yang besar kepada suatu organisasi baik terhadap pengembangan dan kerja sama kelompok. Inovasi adalah suatu konsep, metode, atau barang yang dianggap baru oleh seseorang atau sekelompok orang. Inovasi tidak diukur oleh waktu penggunaan dan penemuannya melainkan selama ide tersebut baru bagi individu maka itulah yang disebut inovasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui wawancara dan observasi dengan pengurus bank sampah gempita untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan organisasi dalam melaksanakan inovasi, serta hambatan yang dihadapi organisasi dalam proses pembuatan inovasi. Penelitian ini menggunakan teori Lewin, dimana Lewin mengembangkan Force Field Analisis (FFA) yang menggambarkan bagaimana dinamika manajemen perubahan terjadi di dalam sebuah organisasi. Teori Lewin terdiri dari tiga tahapan yakni unfreeszing process (mencairkan), change process (perubahan), refreezing process (membekukan kembali). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pentingnya kerjasama antar pengurus organisasi dan keterbukaan kepada anggota terhadap pembuatan suatu inovasi. Rekomendasi penelitian ini adalah diperlukannya adanya teknologi persampahhan yang mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. Hal ini sangat penting untuk menjaga kestabilan harga dan memotivasi nasabah.

Referensi

Akhtar, H dan Soetjipto, H.P. (2014). Peran Sikap dalam Memediasi Pengaruh Pengetahuan Terhadap Perilaku Minimasi Sampah pada Masyarakat Terban, Yogyakarta. Jurnal Manusia dan Lingkungan. 21 (3), 386-392

Asteria, D. dan M, Heruman. (2016). Bank Sampah sebagai Alternatif Strategi Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat di Tasikmalaya. Jurnal Manusia dan Lingkungan. 23 (1), 136-141

Blocker, T.J., & Eckberg, D.L., (1997). Gender and Environmentalism: Result from the 1993 General Social Survey. Social Science Quarterly. 78 (4), 841-858.

Cummings, S., Bridgman, T., & Brown, K. G. (2016). Unfreezing changeas three steps: Rethinking KurtLewin’s legacy for changemanagement. Human Relations,69(1), 33 – 60.

Desy, P. (2020). Modul ManajemenPerubahan Dan Pengembangan (Ebm 513). Universitas Esa Unggul.

Hossan, C. (2015). Applicability ofLewin’s Change Management Theory in Australian LocalGovernment. International Journal of Business and Management. 10(6), 53 – 65.

Jumar, Fitriyah, N., & Kalalinggi, Ri. (2014). Strategi Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Di Kelurahan Lok Bahu Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda. 2(1), 101-112.

Kristina, H. (2014). Model Konseptual Untuk Mengukur Adaptabilitas Bank Sampah di Indonesia. J. Tek. Ind. 9(1), 19-28.

Levasseur, R. E. (2001). People skills: Change management tools -Lewin’s change model. Interfaces. 31(4), 71 – 73.

Peraturan Pemerintah No. 81 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga

Peraturan Daerah Provinsi DIY No. 3 Tahun 2013 Tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga

Purba, H.D., Meidiana, C., & Adrianto, D.W. (2014). Waste Management Scenario through Community Based Waste Bank: A Case Study of Kepanjen District, Malang Regency, Indonesia. International Journal of Environmental Science and Development.

Schein, E. H. (1996). Kurt Lewin’s change theory in the field and inthe classroom: Notes toward amodel of managed learning. Systems Practice. 9(1), 27-47

Singhirunnusorn, W., Donlakorn, K., & Kaewhanin, W. (2017). Household Recycling Behaviours And Attitudes Toward Waste Bank Project: Mahasarakham Municipality. Journal Of Asian Behavioural Studies, 2(5), 17.

Winarso, H., dan Larasati, A. (2011). Dari Sampah Menjadi Upah: Inovasi Pengolahan Sampah di Tingkat Akar Rumput Kasus Program Bank Sampah “Sendu” di Kelurahan Pasar Minggu Jakarta Selatan. J. Mns. dan Lingkung. 18, 43–39.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-30

Cara Mengutip

Andreani, A. K. R., & Nugroho, H. S. (2025). UPAYA PENGEMBANGAN ORGANISASI BANK SAMPAH GEMPITA MELALUI INOVASI MAS MUL. Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 11(2), 602–613. https://doi.org/10.25157/moderat.v11i2.4824

Terbitan

Bagian

Articles