KOMITMEN DALAM PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN LAYANAN GEULIS D’BOTANICA PADA DISDUKCAPIL KOTA BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.25157/moderat.v11i2.4949Abstrak
Penelitian ini berfokus pada komitmen dalam optimalisasi penerapan Sistem Informasi Manajemen (SIM) guna meningkatkan layanan E-SPASI di Gerai untuk Layanan Istimewa (GEULIS) D’Botanica, yang dikelola oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung. Layanan ini bertujuan menyederhanakan proses administrasi kependudukan serta meningkatkan efisiensi dan aksesibilitas bagi masyarakat, terutama kelompok dengan kebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Analisis dilakukan berdasarkan enam dimensi utama: informasi, komponen sistem, organisasi dan manajemen, pengambilan keputusan, serta nilai informasi dalam mendukung efektivitas layanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan SIM telah mempercepat proses layanan kependudukan, meningkatkan akurasi data, serta mempermudah pengambilan keputusan berbasis informasi. Namun, masih terdapat tantangan dalam infrastruktur teknologi dan stabilitas sistem yang perlu ditingkatkan. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan pengembangan fitur notifikasi real-time, peningkatan kapasitas sistem, serta perbaikan infrastruktur teknologi guna memastikan layanan yang lebih optimal dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.
Referensi
Chabiba, O. (2019). Penerapan Sistem Informasi Manajemen (SIM) Dalam Upaya Optimalisasi I Pengelolaan Zakat Di BAZNAS Kabupaten Banyumas. UIN Sunan Kali Jaga Yogyakarta.
Davis, G. B. (1991). Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen. Pustaka Binama Pressindo.
Engkus, E. & S. A. (2021). Public organizational performance: Policy implementation in environmental management in Bandung City. Masyarakat, Kebudayaan Dan Politik, 34(4).
Engkus E. (2025). The impact of digital transformation on public sector organizational commitment: A case study of public management practices. Edelweiss Applied Science and Technology, 9(2), 2256–2269.
Heeks, R. (2021). Digital Governance: Theory and Practice for Public Service Innovation and Transformation. Routledge.
Kurniadi, A. (2017). Optimalisasi Penerapan Sistem Informasi Manajemen Dalam Peningkatan Layanan Pendidikan Di Kemeterian Agama Kabupaten Bantul. Uin Sunan Kalijaga.
Laudon, K. C., & Laudon, J. P. (2020). Management Information Systems: Managing the Digital Firm (16th ed.). Pearson.
Mergel, I., Edelmann, N., & Haug, N. (2019). Defining Digital Transformation: Results from Expert Interviews. Government Information Quarterly, 36(4).
Meyer, J. P., & Allen, N. J. (1991). A three-component conceptualization of organizational commitment. Human Resource Management Review, 1(1), 61–89.
Pasolong, H. (2019). Teori Administrasi Publik.
Pranotokusumo, M. N. A. (2023). Implementasi Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah: studi kasus Program E-Spasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung.
Putra Widiyanto, D. N. (2023). Optimalisasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) Dan Layanan Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Di Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah. Universitas Islam Sultan Agung.
PUTRI, R. M. (2022). Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (Simrs) Dengan Metode Hot-Fit Di Rumah Sakit Ibu Dan Anak Asih Balikpapan. Universitas Islam Indonesia.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan © 2023 by Program Studi Ilmu Pemerintahan is licensed under CC BY-SA 4.0