STRATEGI PENINGKATAN KOMPETENSI PEGAWAI UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR MANUNGGAL SATU ATAP BIAK NUMFOR
DOI:
https://doi.org/10.25157/moderat.v11i4.5235Kata Kunci:
Strategi, Kompetensi, Efektivitas Pelayanan PublikAbstrak
Sumber daya manusia dan sarana prasarana salah satu faktor yang menjadi penghambat dalam efektivitas pelayanan publik di Kantor Manunggal Satu Atap Biak Numfor, Sumber Daya Manusia harus dilakukan dengan baik karena keberhasilan suatu organisasi di pengaruhi oleh sumber daya yang ada dalam organisasi tersebut. Untuk itu penelitian ini bertujuan mengetahui strategi peningkatan kompetensi pegawai untuk meningkatkan efektivitas pelayanan publik. Metode Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus digunakan untuk mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa pelayanan yang diberikan oleh Kantor Manunggal Satu Atap Biak Numfor sudah berjalan dengan baik Namun masih belum maksimal dan optimal dimana sikap pegawai yang harus di tingkatkan karena berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa kurang maksimalnya sikap pegawai dalam memberikan pelayanan, serta kurangnya organisasi dalam sumber daya manusianya yang tentu dapat mendukung kemajuan karir mereka dengan melihat apa sebenarnya kompetensi mereka.
Referensi
Arifin. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Darma, G. . (2006). Mobile Marketing: Sebuah Strategi Keunggulan Bersaing Online. Denpasar: Undiknas Press.
Fadhil, M. (2016). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Pegawai Pada Balai Latihan Kerja Industri Makassar. Jurnal Perspektif, 01(01), 70–81.
Hasibuan. (2007). Manajemen SUmber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT. Bumi Aksa.
Ismawati, P., & Mulka, S. R. (2025). Inovasi Pelayanan Administrasi Terpadu Di Kota Bontang (Studi Administrasi Malam Hari Di Kecamatan Bontang Selatan). Pemerintahan Integratif, 11(4), 414–425.
Jusman, J. (2023). Implementasi Peraturan Bupati Tentang Biaya Operasional Satuan Pendidikan (BOSP) di Kabupaten Bulukumba. Jurnal Ekonomi Utama, 2(1), 28–44. https://doi.org/10.55903/juria.v2i1.36
Jusman, Rijal, Rahman, A., D, R. L., & Syamel, S. S. (2024). Strategi Kebijakan Pengembangan Kompetensi Pegawai Dalam Penataan Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia Pada Zona Integritas Di Dinas Pertanahan Kota Makassar. Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 11(3), 681–692.
Lasmini, N. P., Djatola, H. R., & Akasse, H. (2024). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Motivasi Terhadap Efektivitas Guru SMK Negeri 2 Palu. JURNAL KOLABORATIF SAINS, 7(3), 1163–1168. https://doi.org/10.56338/jks.v2i1.651
Mahmuda, D., Saputra, R., & Nurrahman, A. (2022). Kompetensi Aparatur Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung. Jurnal Pemerintahan dan Keamanan Publik (JP dan KP), 4(1), 18–36.
Moeheriono. (2010). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Surabaya : Ghalia Indonesia.
Nurmasitha, Hakim, A., & Prasetyo, W. . (2013). Pengaruh Kompetensi Pegawai Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo). (Doctoral dissertation, Brawijaya University).
Paluta, S., & M.Sc, D. W. S. (2018). Pengaruh Kompetensi Dan Employee Engagement Terhadap Kinerja Karyawan Di Pt. Cahaya Citra Alumindo. AGORA, 6(1), 1–8.
Prayitno, W. D. . (2002). Standarisasi Kompetensi Pegawai Negeri sipil Menuju Era Globalisasi Global. Pusat Penelitian Dan Pengembangan Bkn.
Ramadhani, A. A. F., & Kuswinarno, M. (2024). Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia: Kunci Keberhasilan Organisasi Di Tengah Persaingan Global. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(11), 1–14.
Razak, R. R., Amane, A. P. O., Buyamin, Simandjorang, B. M. T. Vi., Halim, P., Surjanto, Tahir, S., Melumpi, M. H., Sani, K. R., Tukina, Mariam, S., & Syamsuadi, A. (2017). Administrasi Publik di Era Digitalisasi (1 ed.). EUREKA MEDIA AKSARA.
Siagian, S. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM). Yayasan Drestanta Pelita Indonesia.
Sinamo, J. (2015). Etos Kerja Profesional. Jakarta : Institut Dharma Mahardika.
Sukmawati, Rijal, & Iriawan, H. (2020). Kualitas Pelayanan Pembuatan Paspor pada Kantor Imigrasi Kelas II Tempet Pemeriksaan Imigrasi Biak. Matra Pembaharuan: Jurnal Inovasi Kebijakan, 4(1), 37–46.
Sutrisno, E. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia (Cetakan ke). Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Wibowo. (2014). Manajemen Kinerja. Jakarta : PT Rajawali Pers.
Yulianti, L., & Annisa, N. N. (2024). Pengaruh Kompetensi ASN Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pada Kelurahan Kaligangsa Kecamatan Margadana Kota Tegal. Jurnal Sains dan Teknologi, 6(1), 64–70.
Zubair Ahmad, Saban, E., & Nasruddin. (2018). Pengaruh Sarana Prasarana Dan Profesionalisme Sdm Terhadap Kepuasan Publik Melalui Motivasi Pegawai Pada Penerapan “Sombere Smart City” Di Kota Makassar. Journal of Management and Business, 4(2018), 48–65.
Zufrie. (2017). Meningkatkan Kinerja Melalui Komitmen Dan Budaya Organisasi. Jurnal Ecobisma Vol, 4(1), 98–107.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Djamil Hasim, Reni Irmawati Dwi Astuti

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan © 2023 by Program Studi Ilmu Pemerintahan is licensed under CC BY-SA 4.0

















