INOVASI LAYANAN DASAR PEMERINTAH DALAM AKSELERASI ANGKA PARTISIPASI SEKOLAH DI KOTA SERANG

Penulis

  • Luki Oka Prastio Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kota Serang, Indonesia
  • Laeli Nur Khanifah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kota Serang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25157/moderat.v11i4.5297

Kata Kunci:

akselerasi, partisipasi sekolah, inovasi, pelayanan publik

Abstrak

Penelitian ini di latarbelakangi menurunnya angka partisipasi sekolah (APS) di Kota Serang yang berdasarkan data sebanyak 1.157 anak ditahun 2024 meningkat drastis dari tahun sebelumnya. Problem tersebut diakibatkan kondisi ekonomi, perundungan, rendahnya dan motivasi anak untuk bersekolah, dan stigma internal keluarga, serta faktor eksternal lain. Melonjaknya jumlah anak tidak sekolah mendorong pemerintah melakukan upaya akselerasi dalam mendorong partisipasi sekolah melalui Program Aje Kendor. Tujuan penelitian ini memotret bagaimana upaya pemerintah melalui Program Aje Kendor mampu mengembalikan anak tidak sekolah, yang dianalisa menggunakan teori inovasi pelayanan pubik. Riset ini menggunakan metode kualitatif, dengan fokus penelitian pada jenjang pendidikan SD dan SMP. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi litelatur. Teknik validasi data dilakukan melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan program Aje Kendor cukup optimal berdasarkan 1) Inovasi organisasi dan proses, telah terdapat kerjasama lintas sektoral yang mendorong ketercapaian tujuan program, melalui inovasi proses yang komprehensif dan cepat menggunakan teknologi yang terintegrasi dari tataran akar rumput memastikan ketepatsasaran. 2) Inovasi produk termanifestasi dari fleksibilitas program yang mampu melihat kondisi sasaran program baik dari sisi waktu, kewilayahan, minat, kebutuhan, bahkan psikologis sasaran. 3) Inovasi paradigma terlihat dari partisipasi dan kontribusi seluruh aktor dalam mendukung implementasi program baik segi anggaran, regulasi, dan pelaksanaan. Serta komitmen pemerintah terlihat dari diakomodirnya program ini dalam rencana pembangunan daerah.

Referensi

Ainscow, M., Booth, T., & Dyson, A. (2006). Improving schools, developing inclusion. New York, NY: Routledge.

Arinda, R. (2019). Inovasi Pelayanan Publik Bidang Pendidikan Dalam Program Layanan Tak Boleh Berhenti Sekolah (POLTABES) di Kota Palembang. Jurnal Administrasi Publik

Aryani, D., & Rosinta, F. (2010). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dalam membentuk loyalitas pelanggan. *Bisnis & Birokrasi: Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi*, 17(2), 114–126.

Bryson, J. M., Crosby, B. C., & Stone, M. M. (2015). Designing and Implementing Cross-Sector Collaborations: Needed and Challenging. Public Administration Review, 75(5), 647–663. https://doi.org/10.1111/puar.12432

C. Porter. 2009. Basic Econometrics. Fifth Edition. New York: Mc Graw-Hill.

Chambers, R. (1994). The origins and practice of participatory rural appraisal. World Development.

Costa-Font, J., & Moscone, F. (2008). The impact of decentralization and inter-territorial interactions on Spanish health expenditure. Empirical Economics, 34, 167–184. https://doi.org/10.102A07/s00181-007-0166-x

Creswell, J. W. (2015). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research* (5th ed., pp. 63–64). Upper Saddle River, NJ: Pearson.

Damanpour, F., & Aravind, D. (2019). "Innovation in Public Sector Organizations: A Review and Future Directions." Public Management Review, 21(5), 679-698. DOI: 10.1080/14719037.2018.1498991.

Denhardt, R. B., & Denhardt, J. V. (2003). The New Public Service: An approach to reform. International Review of Public Administration, 8(1), 3–10. https://doi.org/10.1080/12294659.2003.10805013

Desforges, C., & Abouchaar, A. (2003). The impact of parental involvement, parental support and family education on pupil achievement and adjustment: A literature review (Research Report No. 433). London: Department for Education and Skills

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang. (2024). Buku Panduan Pengembalian Anak Tidak Sekolah (ATS) Kota Serang.

Dunn, W. N., & Dye, T. R. (2008). Understanding public policy (11th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson.

Dwiyanto, A. (2006). Mewujudkan good governance melalui pelayanan publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Dwiyanto, A. (Ed.). (2005). *Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik* (hlm. 141). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Edwards III, G. C. (1980). Implementing public policy. Washington, DC: Congressional Quarterly Press

Emerson, K., Nabatchi, T., & Balogh, S. (2011). An integrative framework for collaborative governance. Journal of Public Administration Research and Theory, 22(1), 1–29. https://doi.org/10.1093/jopart/mur011

Freeman, C. (1982). Innovation And Long Cycles Of Economic Development Professor Christopher Freeman Paper Presented At The Internacional Seminar On Innovation And Development At The Industrial Sector.

Gallardo-Vázquez, D., Valdez-Juárez, L. E., & Castuera-Díaz, Á. M. (2019). Corporate Social Responsibility as an antecedent of innovation, reputation, performance, and competitive success: A multiple mediation analysis. Sustainability, 11(20), 5614. https://doi.org/10.3390/su11205614

Goldsmith, S., & Eggers, W. D. (2004). Governing by Network: The New Shape of the Public Sector. Washington, D.C.: Brookings Institution Press.

Gunarsa, S. D. (2004). Psikologi praktis: Anak, remaja, dan keluarga. Jakarta: BPK Gunung Mulia. opac-iakntoraja.ac.id

Heeks, R. B. (2006). Implementing and managing e-government: An international text. London: SAGE Publications. jurnal.unigo.ac.idSpringerLink

Hood, C. (1991). A public management for all seasons? Public Administration, 69(1), 3–19. https://doi.org/10.1111/j.1467-9299.1991.tb00779.x

Kaka, E., & Widyani, I. (2024). Inovasi Pelayanan Publik Pada Pemerintah Daerah. In Jurnal Professional (Vol. 11, Issue 2). https://doi.org/10.37676/professional.v11i2.7150

Keban,Yeremias T., 2001. Etika Pelayanan Publik: Pergeseran Paradigma, Dilema dan Implikasinya bagi Pelayanan Publik di Indonesia, Bappenas, Jakarta: Majalah Perencaan Pembangunan Edisi 24.

Lewis, J. M., Ricard, L. M., & Klijn, E. H. (2018). How innovation drivers, networking and leadership shape public sector innovation capacity. International Review of Administrative Sciences, 84(2), 288–307. Https://doi.org/10.1177/0020852317694085

Mansuri, G., & Rao, V. (2013). Localizing Development: Does participation work? Washington, DC: The World Bank.

Mazmanian, D. A., & Sabatier, P. A. (1983). Implementation and public policy. Glenview, IL: Scott, Foresman.

Mirnasari, Rina Mei. (2013). Inovasi pelayanan publik di UPTD Terminal Purabaya-Bungurasih Kota Surabaya (Skripsi, Universitas Airlangga).

Mittler, P. J. (2000). Working towards inclusive education: Social contexts. London: D. Fulton Publishers.

Moleong, L. J. (2007). *Metodologi Penelitian Kualitatif* (ed. revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moon, M. J. (2002). The evolution of e-government among municipalities: Rhetoric or reality? Public Administration Review, 62(4), 424–433. https://doi.org/10.1111/0033-3352.00196 Yonsei University

Nabatchi, T., & Leighninger, M. (2015). Public Participation for 21st Century Democracy. Hoboken, NJ: Jossey-Bass

Nazara, S., Hewings, G. J. D., & Sonis, M. (2000). Interregional Competition and Complementarity in Indonesia. REAL Discussion Paper, 01-T-02.

O’Leary, R., & Bingham, L. B. (Eds.). (2009). The Collaborative Public Manager: New Ideas for the Twenty-First Century. Washington, DC: Georgetown University Press.

Odom, S. L., Vitztum, J., Wolery, R., Lieber, J., Sandall, S., Hanson, M. J., Beckman, P. J., Schwartz, I. S., & Horn, E. (2004). Preschool inclusion in the United States: A review of research from an ecological systems perspective. Journal of Research in Special Educational Needs, 4(1), 17–49. https://doi.org/10.1111/j.1471-3802.2004.00016

Osborne, D. E., & Gaebler, T. (1993). Reinventing government: How the entrepreneurial spirit is transforming the public sector. New York, NY: Plume

Osborne, S. P., & Brown, K. (2005). Managing Change and Innovation in Public Service Organizations. New York: Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203391129

Osborne, S. P., & Brown, L. (Eds.). (2013). Handbook of Innovation in Public Services. Cheltenham, UK: Edward Elgar Publishing. https://doi.org/10.4337/9781849809757

Prastio, L. O., and I. A. Indriyany. 2024. “Collaborative Governance: Potret Penyelenggaraan Ketenagakerjaan Di Kabupaten Karawang.” Ijd-Demos.

Perry .(1989). Simulation: A Problem-Solving. Approach. Boston: AddisonWesley USA. Longman Publishing Co.

Pressman, J. L., & Wildavsky, A. (1984). Implementation: How great expectations in Washington are dashed in Oakland; or, why it's amazing that federal programs work at all (3rd ed.). Berkeley, CA: University of California Press.

Rodríguez-Pose, A., & Gill, N. (2005). On the ‘economic dividend’ of devolution. *Regional Studies*, 39(4), 405–420.

Santrock, J. W. (2011). Psikologi pendidikan (Ed. ke-3). Jakarta: Salemba Humanika.

Saputro, H. N. (2022). Inovasi pelayanan pada organisasi publik. Jurnal Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja dan Administrasi Pelayanan Publik.

Scott, J. C. (1998). Seeing Like a State: How Certain Schemes to Improve the Human Condition Have Failed. New Haven, CT: Yale University Press.

Sedarmayanti. (2010). Reformasi administrasi publik, reformasi birokrasi, dan kepemimpinan masa depan: Mewujudkan pelayanan prima dan kepemerintahan yang baik. Bandung: Refika Aditama.

Sherwood, D. (2002). Smart Things to Know Innovation & Creativity (First Edition). Elex Media Komputindo.

Simon S. (2018). Penyampaian Pelayanan Publik (Public Service Delivery) Pada Daerah Otonom Baru. PUBLICA.

Soekanto, S. (2009). Sosiologi suatu pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.

Soekarwo, F., Fathorrasjid, -, Wijoyo, S., Dwiyanto, A., Rijadi, P., & Said, M. M. (Eds.). (2006). Pelayanan publik dari dominasi ke partisipasi. Surabaya: Airlangga University Press.

Suwarno, Yogi. (2008). Inovasi di sektor publik. Jakarta: STIA-LAN Press.

Thoha, M. (2008). Ilmu administrasi publik kontemporer (Ed. 1, Cet. 1). Jakarta: Kencana.

Tung, Khoe Yao. 2002. Simphoni Sedih Pendidikan Nasional. Jakarta : Abdi Tandur

UNESCO. (2009). Indonesia: National report on the provision of inclusive quality primary and secondary education (IBE/2009/RP/CD/02). Paris: UNESCO.

United Nations Development Programme (UNDP). (2009). Human Development Report 2009: Overcoming Barriers – Human Mobility and Development. New York: Palgrave Macmillan

Van Meter, D. S., & Van Horn, C. E. (1975). The policy implementation process. Administration & Society, 6(4), 445–488. https://doi.org/10.1177/009539977500600404

Wijayanti. (2008). Inovasi pada sektor pelayanan public. Inovasi Pelayanan" (hlm. 42).

Wood, M., Ferlie, E., & Fitzgerald, L. (1998). Achieving Clinical Behaviour Change: A Case Of Becoming Indeterminate: Social Science & Medicine, DOI:10.1016/S0277-9536(98)00250-0.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-26

Cara Mengutip

Prastio, L. O., & Khanifah, L. N. (2025). INOVASI LAYANAN DASAR PEMERINTAH DALAM AKSELERASI ANGKA PARTISIPASI SEKOLAH DI KOTA SERANG. Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 11(4), 1274–1292. https://doi.org/10.25157/moderat.v11i4.5297

Terbitan

Bagian

Articles