STRATEGI PENGEMBANGAN IKM NONI MEUBEL DENGAN METODE AHP DAN SWOT DI KABUPATEN CIAMIS

Authors

  • Isfa Nurjaman Teknik Industri Universitas Galuh
  • Nugraha Kusuma Ningrat Teknik Industri Universitas Galuh

DOI:

https://doi.org/10.25157/jig.v2i01.2962

Keywords:

Strategi Pengembangan Industri, AHP, SWOT

Abstract

IKM Noni Meubel adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri manufaktur, hasil produksi yang dihasilkan adalah barang-barang furniture yang salah satunya yaitu kursi sofa. Seiring dengan banyaknya perusahaan pesaing yang bergelut di bidang itu, masalah yang dihadapi perusahaan yaitu tidak berkembangnya perusahaan, sehingga menuntut pihak perusahaan untuk merencanakan strategi pengembangan perusahaan dengan baik supaya dapat menguasai pasar kembali dengan memanfaatkan peluang dan kekuatan yang ada dengan sebaik mungkin.

Dengan menggunakan metode AHP yang digunakan untuk menganalisis dan menentukan strategi terbaik apa yang akan dikembangkan, berdasarkan perhitungan dari hasil responden maka strategi pengembangan yang sesuai bagi IKM Noni Meubel adalah pemasaran, karena pemasaran memiliki nilai alternatif tertinggi yaitu 0,35333. Selanjutnya hasil AHP dianalisis dengan menggunakan metode SWOT, hal ini untuk menganalisis keadaan lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Berdasarkan perhitungan dari hasil responden didapat bahwasanya strategi pengembangan ini berada di kuadran 3 (turn around), maka dari itu perlu dilakukannya peninjauan kembali manajemen produksi agar dalam pemasaran tidak terhambat oleh ketersediaan produk.

Additional Files

Published

2023-02-14

How to Cite

Nurjaman, I., & Kusuma Ningrat, N. (2023). STRATEGI PENGEMBANGAN IKM NONI MEUBEL DENGAN METODE AHP DAN SWOT DI KABUPATEN CIAMIS. Jurnal Industrial Galuh, 2(01), 19–26. https://doi.org/10.25157/jig.v2i01.2962

Most read articles by the same author(s)