OPTIMASI PERSEDIAAN PRODUK MAKANAN DI UKM SUKA SENANG KABUPATEN CIAMIS DENGAN METODE MIN – MAX (s, S)

Authors

  • Dheza Hidayatul Mustafiz Teknik Industri Universitas Galuh
  • Nugraha Kusuma Ningrat Teknik Industri Universitas Galuh

DOI:

https://doi.org/10.25157/jig.v3i02.2974

Keywords:

UKM Sale Suka Senang, Min – Max (s,S), LINDO

Abstract

Kondisi UKM di Ciamis masih kalah bersaing dengan produk serupa di daerah lain, untuk saat ini peluang semua UKM di Ciamis memiliki potensi pemasaran yang masih terbuka luas. Hanya saja, dalam menentukan persediaan yang belum tepat. Banyak sekali metode yang dapat digunakan untuk mengetahui penyebab dari suatu permasalahan yang ada.Salah satu metodenya adalah menggunakan Metode Min - Max (s, S). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hasil produksi sale pada UKM Sale Suka Senang di Cijeungjing, mengetahui jumlah produksi sale yang optimal pada UKM Sale Suka Senang dengan metode Min-Max (s, S) dan dibantu dengan Software LINDO.

Pengelolaan data kualitatif dilakukan secara deskriptif, meliputi proses produksi dan gambaran kondisi perusahaan. Pengelolaan data kuantitatif meliputi harga jual produk, keuntungan penju alan, penggunaan sumber daya dan kapasitas produksi. Hasil penelitian yaitu menghasilkan jumlah produksi yang optimal yaitu memproduksisale ambon sebanyak 203pcs dan sale jari 187 pcs, sale oval sebanyak 159 pcs. Jumlah produksi optimal yang dibantu menggunakan software lindo    sebanyak 549 pcs dengan memperoleh keuntungan sebesar Rp.6.670.000 dalam setiap produksi.

Additional Files

Published

2023-02-14

How to Cite

Hidayatul Mustafiz, D., & Kusuma Ningrat, N. (2023). OPTIMASI PERSEDIAAN PRODUK MAKANAN DI UKM SUKA SENANG KABUPATEN CIAMIS DENGAN METODE MIN – MAX (s, S). Jurnal Industrial Galuh, 3(02), 75–82. https://doi.org/10.25157/jig.v3i02.2974

Most read articles by the same author(s)