PENENTUAN MODA TRANSPORTASI UNTUK EFISIENSI BIAYA KIRIM DENGAN METODE AHP PADA IKM KERUPUK IDAMAN CIAMIS

Authors

  • Annisa Noor Rahmah Teknik Industri Universitas Galuh
  • Nugraha Kusuma Ningrat Teknik Industri Universitas Galuh

DOI:

https://doi.org/10.25157/jig.v2i2.2969

Keywords:

IKM Kerpuk Idaman, Analytical Hierarchy Process, Transportasi

Abstract

Pada dunia bisnis, transportasi dan distribusi merupakan dua komponen yangmempengaruhi keunggulan kompetitif suatu perusahaan karena penurunan biayatransportasi dapat meningkatkan keuntungan perusahaan secara tidak langsung. Sehingga harus menjadi prioritas di dalam kebijakan perusahaan termasuk IKM Kerupuk Idaman Ciamis. Namun saat ini IKM belum mampu menentukan moda transportasi yang optimal yang dapat digunakan agar dapat mengefisiensikan biaya distribusi.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana sistem distribusi aktual yang ada pada IKM kereupuk idaman di Handapherang, dan Bagaimana cara meminimalisir moda transportasi yang dihasilkan oleh IKM kerupuk idaman di Handapherang. Sedangkan metode yang digunakan adalah Analytical Hierarchy Process (AHP).

Hasil penelitian diperoleh bahwa Kriteria untuk moda transportasi pada IKM Kerupuk Idaman Ciamis adalah: aman, mudah, terjangkau, biaya, dan nyaman. Sedangkan hasil pengolahan data terpilih jenis moda trandportasi yang memberikan nilai bobot terbesar yaitu: moda transportasi motor dengan nilai bobot sebesar 10,260 dan urutan kedua adalah moda transportasi mobil dengan nilai bobot sebesar 8,915.

Additional Files

Published

2023-02-14

How to Cite

Noor Rahmah, A., & Kusuma Ningrat, N. (2023). PENENTUAN MODA TRANSPORTASI UNTUK EFISIENSI BIAYA KIRIM DENGAN METODE AHP PADA IKM KERUPUK IDAMAN CIAMIS. Jurnal Industrial Galuh, 2(2), 71–79. https://doi.org/10.25157/jig.v2i2.2969

Most read articles by the same author(s)