IMPLIKASI PROSES REKRUITMEN DAN PROSEDUR KESELAMATAN KERJA TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI DI DEPARTEMEN PGF SECTION POWER SYSTEM AREA PULAU PABELOKAN CNOOC SES LTD.

Authors

  • Nugraha Kusuma Ningrat Teknik Industri Universitas Galuh
  • Iman Rohiman Teknik Industri Universitas Galuh

DOI:

https://doi.org/10.25157/jig.v4i2.3019

Keywords:

CNOOC SES Ltd, proses rekruitmen, efektivitas kerja

Abstract

Section power system pada Departemen PGF (Power, Gas and Facilities) area pulau Pabelokan CNOOC SES Ltd. merupakan pusat pembangkit Listrik CNOOC, pada seksi ini dibutuhkan kelangsungan kelistrikan yang terhindar dari shutdown, oleh karena itu tidak hanya dibutuhkan alat yang canggih tetapi juga pegawai yang mempunyai kompetensi minimum yang dibutuhkan untuk menjalankan operasi peralatan dengan baik dan aman. Berdasarkan hasil observasi permasalahan yang ada adalah terbatasnya operator yang mempunyai kompentensi dalam bidangnya yang mampu menerima segala perubahan yang ada baik secara pengetahuan, keterampilan dan perubahan teknologi secara cepat. Tidaklah berlebihan pegawai dituntut dengan target tertentu dengan eksensitas tinggi, kecermatan dalam pelaksanaan dan keselamatan tinggi pula. Ini dapat terlaksana bila peraturan kerja tentang keselamatan kerja terpenuhi dengan baik dan dilakukan oleh orang yang memenuhi syarat dalam mengerjakannya.

Hasil penelitian menunjukan bahwa, proses rekruitmen pada Departemen PGF section power system area pulau Pabelokan CNOOC SES Ltd. secara umum termasuk pada katagori cukup baik. Hasil pengujian statistik menunjukan bahwa implikasi proses rekruitmen terhadap efektivitas kerja pegawai adalah sebesar 41.42 %. Sedangkan Prosedur keselamatan kerja pada Departemen PGF section power syspem area pulau Pabelokan CNOOC SES Ltd. secara umum termasuk pada katagori cukup baik. Hasil pengujian statistik menunjukan implikasi prosedur keselamatan kerja terhadap efektivitas kerja pegawai adalah sebesar 34,74 %. Efektivitas kerja pegawai pada Departemen PGF section power system area pulau Pabelokan CNOOC SES Ltd. secara umum termasuk pada katagori cukup baik. Implikasi proses rekruitmen dan prosedur keselamatan kerja secara simultan terhadap efektivitas kerja pegawai pada Departemen PGF  section power system area pulau Pabelokan CNOOC SES Ltd adalah sebesar 76,16 %, dan sisanya sebesar 23,84 % oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Additional Files

Published

2023-02-18

How to Cite

Kusuma Ningrat, N., & Rohiman, I. (2023). IMPLIKASI PROSES REKRUITMEN DAN PROSEDUR KESELAMATAN KERJA TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI DI DEPARTEMEN PGF SECTION POWER SYSTEM AREA PULAU PABELOKAN CNOOC SES LTD. Jurnal Industrial Galuh, 4(2), 62–74. https://doi.org/10.25157/jig.v4i2.3019

Most read articles by the same author(s)