ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN BERDIRERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Heryanto Gunawan Universitas Galuh
  • Siti Andini Universitas Galuh
  • Rina Agustina Universitas Galuh

Keywords:

Media Pembelajaran, Kearifan Lokal, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini menganalisis media pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal dalam konteks pembelajaran berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi efektivitas media berbasis kearifan lokal dalam mendukung kebutuhan belajar siswa yang beragam. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan analisis data dari dokumen, wawancara, dan observasi. Hasil menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis kearifan lokal mampu meningkatkan keterlibatan siswa, memperkuat pemahaman materi, serta mengembangkan nilai-nilai budaya dan identitas lokal. Strategi pembelajaran berdiferensiasi berbasis media tersebut memberikan ruang bagi siswa untuk belajar sesuai dengan minat, kemampuan, dan gaya belajar mereka. Studi ini merekomendasikan pengembangan media berbasis kearifan lokal secara sistematis dan inovatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul wahid. Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkanprestasi Belajar. Istiqra. 2018;5(meningkatkan presgtasi):173–9.

A.P. Gilakjani, “Visual, aiditory, kinesthetic learning style and their impacts on English langue teaching,” Journal of languem education, and humanities, vol.8, no.2, pp. 53. 2012.

Bendriyanti RP, Dewi C, Nurhasanah I. Manajemen Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa. Pendidikan. 2021;6(2):70–4.

Hasim E. Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Di Masa Pandemi Covid-19. Pros Webinar Magister Pendidik Dasar Pascasarj Univ Negeri Gorontalo “Pengembangan Prof Guru Melalui Penulisan Karya Ilm Menuju Anak Merdeka Belajar.” 2020;68–74.

I.G.A. Pidrawan, I.W. Rasna IBP. Analisis Strategi, Aktivitas, Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Menulis Yang Diampu Oleh Guru Penggerak Bahasa Indonesia Di Kota Denpasar. J Pendidik dan Pembelajaran Bhs Indones [Internet]. 2022;11(1):75–86. Available from: https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/973

Junaidi J. Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Rev J Manaj Pendidik dan Pelatih. 2019;3(1):45–56.

Magfirah Rasyid D. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Augmented Reality. J Pendidik Biol Vol 7, Nomor 2, Februari 2016, hlm, 69-80. 2016;V:83–8.

Magdalena I, Fatakhatus Shodikoh A, Pebrianti AR, Jannah AW, Susilawati I, Tangerang UM. Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. Ed J Edukasi dan Sains [Internet].2021;3(2):312–25. Available from: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Nurhuda N. Ikhwan, Hendrawan Budu, Sunanih, “Pengaruh Model Pembelajaran Visual, Auditori dan Kinestetik (VAK) Berbantuan Media Jam Sudut Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III”, Jurnal Buana Pendidikan, Vol.17, No.1, 2021-15.

Pangestu DA, Rochmat S. Filosofi Merdeka Belajar Berdasarkan Perspektif Pendiri Bangsa. J Pendidik dan Kebud. 2021;6(1):78–92.

Pitaloka H, Arsanti M. Pembelajaran Diferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Semin Nas Pendidik Sultan … [Internet]. 2022;(November):2020–3.

Simbolon EG, Siagian BA, Bangun K, Sara Sidabutar, Girsang A, Purba F. Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Menulis Teks Persuasi Di Kelas Viii Smp Gajah Mada Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Diglosia J … [Internet]. 2022;6(5):386–94.

V. Sengodan & H. I. Zanaton, “Students’ Learning Styles and Intrinsic Motivation in Learning Mathematics,” Asian Social Science, vol. 8, no. 16, 2012.

Widayanti FD. Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Kelas Febi Dwi Widayanti, S.Pd., M.Pd. Erudio. 2013;2(1):7–21.

Published

2024-08-28

How to Cite

Gunawan, H., Andini, S., & Agustina, R. (2024). ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN BERDIRERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Konservasi Dan Budaya, 1(2), 111–119. Retrieved from https://ojs.unigal.ac.id/index.php/jkdb/article/view/4704

Issue

Section

Articles