PERBANDINGAN PREFERENSI BUDAYA PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL ANTARA GENERASI Y DAN GENERASI Z DI KERTAHARJA CIAMIS
Keywords:
preferensi, generasi Y, generasi Z, media sosial, entertainment, Adaptasi BudayaAbstract
Penelitian bertujuan memahami perbedaan preferensi penggunaan media sosial antara Generasi Y (Milenial) dan Generasi Z di Kertaharja-Ciamis. Melalui pendekatan studi kasus dengan metode penelitian kualitatif, penelitian ini menggali secara mendalam bagaimana kedua generasi ini menggunakan dan berinteraksi dengan berbagai platform media sosial. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan observasi partisipan untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif mengenai kebiasaan, motivasi, dan persepsi mereka terhadap media sosial. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan mengenai perbedaan karakteristik penggunaan media sosial antara Generasi Y dan Generasi Z, serta implikasinya terhadap strategi komunikasi, pemasaran, dan interaksi sosial di era digital. Penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan teori komunikasi dan studi generasi dalam konteks penggunaan teknologi informasi.
Downloads
References
Achmad W, R. W., Poluakan, M. V., Dikayuana, D., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2020). Potret Generasi Milenial Pada Era Revolusi Industri 4.0. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 187. https://doi.org/10.24198/focus.v2i2.26241
APJII. (2023). Survei APJII Pengguna Internet di Indonesia Tembus 215 Juta Orang. Blog APJII, diakses dari https://apjii.or.id/berita/d/survei-apjii-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-215-juta-orang pada tanggal 22 Januari 2025.
Badri, M. (2022). Pribumi digital moderat: Profil kecakapan komunikasi digital generasi z. Jurnal Riset Komunikasi, 5(2), 291-303. https://doi.org/10.38194/jurkom.v5i2.653
Chanra, H. (2024). Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Kehidupan Remaja. Tarbawi : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 7(1), 13–24. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v7i1.578
Delicia, E. (2023, November). Representasi budaya digital pada iklan sosial media Instagram plossa. In Prosiding Seminar Nasional Desain dan Media (pp. 1082-1092).
Gibran, M. K., Rifki, M. I., Hasugian, A. H., Siahaan, A. T. A. A., Sahputra, A., & Ong, R. (2024). Sentiment Analysis of Platform X Users on Starlink Using Naive Bayes. Instal: Jurnal Komputer, 16(03), 210-220. https://doi.org/10.32493/jicomisc.v2i2.43077
Hidayat, T. (2019). Pembahasan Studi Kasus Sebagai Bagian Metodologi Pendidikan. Jurnal Study Kasus, August, 128.
Izza, I. (2019). Media Sosial, Antara Peluang dan Ancaman dalam Pembentukan Karakter Anak Didik di Tinjau dari Sudut Pandang Pendidikan Islam. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 5(1), 17–37. https://doi.org/10.36835/attalim.v5i1.63
Karman, K. (2013). Riset Penggunaan Media Dan Perkembangannya Kini. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 17(1), 93-112. https://doi.org/10.31445/jskm.2013.170106
Lestari, J. (2024). Kekuatan media digital pada pembentukan budaya populer (studi pada komunitas fans KPOP KOC Bandung) (Doctoral dissertation, Universitas Pasundan).
Rahmana, P. N., & Damariswara, R. (2022). Pemanfaatan Aplikasi TikTok Sebagai Media Edukasi di Era Generasi Z. Akademika, 11(02), 401-410. https://doi.org/10.34005/akademika.v11i02.1959
Riyanto, R. (2017). Efektivitas Media Internet Terhadap Kepuasan Khalayak Media. Inter Komunika, 2(1), 61-70. http://dx.doi.org/10.33376/ik.v2i1.16
Setiawan, D., Ishak, I., & Zulkarnaen, I. (2018). Prototype Alat Pemantauan Ketinggian Air Pada Bendungan Menggunakan Sensor Ultrasonik Berbasis Arduino. Jurnal SAINTIKOM (Jurnal Sains Manajemen Informatika Dan Komputer), 17(2), 170. https://doi.org/10.53513/jis.v17i2.40
Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. In Penerbit Alfabeta (Issue January).
Susanti, A. F., & Safitri, D. (2021). Dismilaritas kecanduan pemakaian media sosial generasi y dan generasi z. Edukasi IPS, 5(2), 30–39.
Widayati, W., & Augustinah, F. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Makanan Ringan Kripik Singkong Di Kabupaten Sampang. DIALEKTIKA : Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(2), 1–20. https://doi.org/10.36636/dialektika.v4i2.345
Yuniati, U., & Puspitasari, E. E. (2019). Motif Pendengar Radio Di Era Perkembangan Teknologi Informasi (Studi Kepuasan Penggunaan Media Pada Generasi Z Di Bandung). Jurnal Ilmu Komunikasi [JIKA], 6(2). https://doi.org/10.31294/kom.v6i2.6504
Zahra, F., Mustaqimmah, N., & Hendra, M. D. (2020). Kekuatan Media Digital Pada Pembentukan Budaya Populer (Studi Pada Komunitas Moarmy Pekanbaru). Komunikasiana: Journal of Communication Studies, 2(2), 109-122. http://dx.doi.org/10.24014/kjcs.v2i2.11119