TRANSFORMASI UMKM PAKAIAN DI ERA DIGITAL: ADAPTASI TERHADAP BUDAYA EKONOMI MASYARAKAT MAJALENGKA DALAM EKOSISTEM E-COMMERCE (STUDI KASUS DI BANTARUJEG
Kata Kunci:
UMKM Pakaian, tantangan, strategi, e-commerce, era digitalAbstrak
Penelitian bertujuan untuk menganalisis UMKM pakaian di era digital, dengan fokus pada tantangan dan strategi yang dihadapi dalam konteks e-commerce di Majalengka, khususnya di Bantarujeg. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, penelitian ini menggali secara mendalam pengalaman dan perspektif UMKM pakaian dalam beradaptasi dengan perubahan pasar digital. Tantangan yang dihadapi UMKM meliputi keterbatasan sumber daya manusia dan kurangnya pemahaman mengenai teknologi digital. Selain itu, persaingan yang semakin tinggi di era digital menuntut UMKM untuk mengadopsi strategi pemasaran yang efektif guna memperkuat merek. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya transformasi digital bagi UMKM agar tetap kompetitif, termasuk pemanfaatan media sosial dan platform e-commerce untuk memperluas jangkauan pasar. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan практические mengenai strategi yang efektif bagi UMKM pakaian dalam menghadapi tantangan e-commerce dan meningkatkan daya saing di era digital.
Unduhan
Referensi
Harmayani, H. M. (2020). -Commerce: Suatu Pengantar Bisnis Digital(J. Simarmata (ed.)). Retrieved from Yayasan Kita Menulis.: https://www.google.co.id/books/edition/E_Commerce_Suatu_Pengantar_Bisnis_Digita/DLjwDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=bisnis+e-commerce&pg=PR7&printsec=frontcover
Indonesia, B. (2015). PROFILE BISNIS USAHA MIKRO,KECIL DAN MENENGAH. Jakarta.
Indri Ferdiani Suarna, M. M. (2024). Peran Kewirausahaan Dalam Mendorong Pertumbuhan UMKM Melalui E-Commerce Di Desa Bojong Kalapa. Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 177-184.
Kadeni, N. S. (2020). PERAN UMKM (USAHA MIKRO KECIL MENENGAH) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT. EQUILIBRIUM, VOLUME 8, NOMOR 2, 191-200.
Kusmarni, Y. (2012). STUDI KASUS (John W. Creswell). UGM Jurnal Edu UGM Press, 1-12.
Mustajibah, T. (2021). DINAMIKA E-COMMERCE DI INDONESIA TAHUN 1999-2015. AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah Volume 10, No. 3.
RAHMATUL JANNATIN NAIMAH, M. W. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. IMPACT Vol.2 No.2, 119-130.
Riswandi, D. (2019). TRANSAKSI ON-LINE (E-COMMERCE) : PELUANG DAN TANTANGAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Jurnal Econetica, 2685-1016.
Shinta, F. (2018). Kajian Fast Fashion DalamPercepatan Budaya Konsumerisme. Jurnal Rupa Vol. 03.No. 01, 61-76.
Sultan, H. C. (2023). Analisis Kesejahteraan Masyarakat terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis no. 1 vol.5, 77- 85.
Yusanto, Y. (2019). penelitian kualitatif memiliki. Journal of Scientific Communication Volume 1, Issue 1.