OPTIMASI JUMLAH PRODUKSI SALE MENGGUNAKAN METODE LINEAR PROGRAMMING PADA UKM SARI MURNI DI WARUNG BATOK CILACAP

Authors

  • Rizky Gusnandar Teknik Industri Universitas Galuh
  • Maman Hilman Teknik Industri Universitas Galuh

DOI:

https://doi.org/10.25157/jig.v2i2.2967

Keywords:

UKM Sari Murni, linear programming, LINDO

Abstract

Persaingan dibidang industri saat ini makin ketat dan sulit, agar mampu bersaing di pasar sebuah usaha juga harus mengoptimalkan produksinya sesuai dengan sumber daya yang ada sehingga produsen dapat memaksimalkan keuntungan atau laba. Hal ini dapat dilihat dari UKM Sari Murni pengelolaan yang kurang baik dan perencanaan produksi yang optimal belum dilakukan sehingga banyak produk yang tidak efektif dan efisien yang berdampak pada laba perusahaan. Melihat permasalahan tersebut maka permasalahan pembahasan dalam penelitian yang akan dibahas dirumuskan adalah bagaimana menentukan jumlah produksi sale yang optimal pada UKM Sari Murni dengan metode Linear Programming? Bagaimana penentuan jumlah produksi di UKM Sari Murni?

Dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Pengelolaan data kualitatif dilakukan secara deskriptif, meliputi proses produksi dan gambaran kondisi perusahaan. Pengelolaan data kuantitatif meliputi harga jual produk, keuntungan penjualan, penggunaan sumber daya dan kapasitas produksi. Hasil penelitian yaitu perusahaan masih dapat meningkatkan keuntungan dari proses optimasi adalah sebesar Rp. 368.506.00 dengan memproduksi sale oval sebanyak 8 pcs, sale ambon sebanyak 27 pcs dan sale jari 50 pcs. Sedangkan keuntungan aktualnya sebesar Rp315.000,00 sehingga selisih keuntungan yang diperoleh sebesar Rp53.500,00 dalam setiap produksi.

Additional Files

Published

2023-02-14

How to Cite

Gusnandar, R., & Hilman, M. (2023). OPTIMASI JUMLAH PRODUKSI SALE MENGGUNAKAN METODE LINEAR PROGRAMMING PADA UKM SARI MURNI DI WARUNG BATOK CILACAP. Jurnal Industrial Galuh, 2(2), 55–62. https://doi.org/10.25157/jig.v2i2.2967

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>