PENGEMBANGAN PRODUK KRIPIK DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT PADA USAHA KECIL MENENGAH (UKM) MAKMUR ABADI DI KABUPATEN CIAMIS

Authors

  • Maman Hilman Teknik Industri Universitas Galuh
  • R Gamar Pratama Ningrat Teknik Industri Universitas Galuh

DOI:

https://doi.org/10.25157/jig.v5i2.3307

Keywords:

UKM, pengembangan produk, Quality Function Deployment (QFD)

Abstract

Usaha Kecil Menengah Makmur Abadi Kabupaten Ciamis merupakan salah satu UKM di Kabupaten Ciamis yang memproduksi makanan ringan Kripik. Penjualan produk yang dihasilkan belum memenuhi harapan. Hal ini diduga disebabkan oleh keadaan produk yang masih sederhana, baik bentuk maupun kemasannnya. Oleh karena itu pengembangan produk perlu dilakukan agar produk dapat diterima oleh konsumen dengan baik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut-atribut produk yang diinginkan konsumen dan mengembangkan produk kripik agar sesuai dengan harapan konsumen.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Quality Function Deployment (QFD) untuk menganalisis atribut-atribut yang diprioritaskan untuk input dalam pengembangan produk kripik . Luaran penelitian ini adalah berupa HaKi dan Publikasi pada Buku Ber- ISBN.

Hasil Penelitian diperoleh 10 atribut produk yang diinginkan oleh konsumen. Atribut tersebut diinterpretasikan melalui 9 parameter teknis di House of Quality (HOQ) untuk kemasan Kripik Makmur Abadi, dan 10 atribut produk untuk Kripik. Berdasarkan analisis prioritas, UKM Makmur Abadi  akan melakukan keputusan bisnisnya untuk mengembangkan produk Kripik  yang diharapkan dapat meningkatkan total penjualan.

Additional Files

Published

2023-08-12

How to Cite

Hilman, M., & Ningrat, R. G. P. (2023). PENGEMBANGAN PRODUK KRIPIK DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT PADA USAHA KECIL MENENGAH (UKM) MAKMUR ABADI DI KABUPATEN CIAMIS. Jurnal Industrial Galuh, 5(2), 82–91. https://doi.org/10.25157/jig.v5i2.3307

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>