PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI MENGGUNAKAN METODE CHEAPEST INSERTION HEURISTIC (CIH) GUNA MEMINIMALKAN PENGELUARAN BIAYA PADA UKM AREN CREATIVITY DI KABUPATEN CIAMIS

Authors

  • Maman Hilman Teknik Industri Universitas Galuh
  • Yuyus Yusril Sidik Teknik Industri Universitas Galuh

DOI:

https://doi.org/10.25157/jig.v4i2.3017

Keywords:

UKM Aren Creativity, Distribusi, Cheapest Insertion Heuristic

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Ukm Aren Creativity yang merupakan perusahaan pembuatan cobek yang berbahan dasar dari kayu aren di Pasirkadu kabupaten Ciamis. Proses distribusi merupakan faktor penting bagi perusahaan untuk melakukan pengiriman produk secara tepat kepada pelanggan, tanpa adanya perencanaan yang baik dalam proses distribusi, maka resikonya adalah keterlambatan dalam pengiriman dan meningkatnya pengeluaran biaya. Saat ini Ukm Aren Creativity hanya melakukan penjadwalan dan penentuan titik distribusi yang akan dituju dengan mengabaikan jarak tempuh yang dilalui, hal ini menunjukan bahwa proses pendistribusian produk pada Ukm Aren Creativity belum optimal.

Berdasarkan permasalahan tersebut, untuk mengoptimalkan jarak tempuh dan meminimalisir pengeluaran biaya, penulis melakukan penelitian dengan menggunakan metode Cheapest Insertion Heuristic (CIH) dengan tahapan menentukan titik lokasi yang dituju dan menandainya di Google Maps lalu mengukur jarak setiap titik dengan cara menghubungkan dari satu titik ke titik lain,selanjutnya data yang telah didapatkan diolah dengan berdasarkan ketentuan metode Cheapest Insertion Heuristic (CIH) yaitu dengan langkah 1. Penelusuran dimulai dari sebuah lokasi yang di anggap pertama dihubungkan dengan sebuah lokasi yang dianggap terakhir 2. Bangun subtour antara dua lokasi tersebut, yang dimaksud subtour adalah perjalanan dari lokasi pertama dan berakhir di lokasi pertama 3. Ganti salah satu arah hubungan busur dari dua lokasi dengan kombinasi dua busur yaitu yaitu busur (i,j) dengan busur (i,k) dan busur (k,j), i merupakan titik busur awal, j merupakan titik busur yang dituju dan k merupakan titik busuryang belum masuk subtour, dan dengan nilai sisipan terkecil. Penentuan nilai sisipan dengan cara : C_ik + C_kj - C_ij, 4. Ulangi langkah tiga sampai seluruh kota masuk dalam subtour.

Hasil setelah dilakukan penelitian dengan metode Cheapest Insertion Heuristic (CIH) menghasilkan jarak tempuh yaitu 135,2km dengan biaya Rp. 79.560. hal ini menunjukan bahwa biaya pengiriman mengalami pengurangan sebesar Rp. 27.657. dari yang awalnya mempunyai jarak 182,2km dengan biaya Rp. 107.657.

Additional Files

Published

2023-02-18

How to Cite

Hilman, M., & Yusril Sidik, Y. (2023). PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI MENGGUNAKAN METODE CHEAPEST INSERTION HEURISTIC (CIH) GUNA MEMINIMALKAN PENGELUARAN BIAYA PADA UKM AREN CREATIVITY DI KABUPATEN CIAMIS. Jurnal Industrial Galuh, 4(2), 51–61. https://doi.org/10.25157/jig.v4i2.3017

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>