PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU RENGGINANG KETAN DENGAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) PADA UKM SRI REZEKI DI KOTA BANJAR

Authors

  • Nurdin Nurdiansyah Teknik Industri Universitas Galuh
  • Maman Hilman Teknik Industri Universitas Galuh

DOI:

https://doi.org/10.25157/jig.v2i01.2961

Keywords:

Metode EOQ (Economic Order Quantity), Efisiensi biaya, Safety Stock

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan penelitian, bahwa pada UKM Rengginang Sri Rezeki sering terjadi kehabisan bahan baku dan juga biaya yang dialokasikan untuk pengadaan persediaan sangat besar, sehingga efisiensi sulit dilakukan.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengendalian persediaan bahan baku di UKM Rengginang Sri Rezeki,(2) mengetahui pengendalian persediaan bahan baku di UKM Rengginang Sri Rezeki dengan menggunakan metode EOQ.

Hasil penelitian pengendalian persediaan bahan baku dengan menggunakan metode EOQ dapat diuraikan sebagai berikut: Pembelian bahan baku optimal tiap kali pesan adalah 359 kg. Frekuensi pembelian bahan baku optimal adalah 9 kali. Total biaya persediaan bahan baku selama satu tahun sebesar Rp.1.260.887,76,-. Safety Stock yang dibutuhkan perusahaan adalah 25 kg. Re-Order Point adalah pada saat persediaan bahan baku di dalam gudang masih 178 kg. (3) Kebijakan pengendalian persediaan bahan baku yang dilakukan UKM Rengginang Sri Rezeki selama ini masih belum efisien, karena dalam penelitian ini masih belum menunjukkan biaya yang minimum dalam arti biaya persediaan masih lebih besar dibandingkan apabila UKM Rengginang Sri Rezeki menggunakan metode EOQ.

Additional Files

Published

2023-02-14

How to Cite

Nurdiansyah, N., & Hilman, M. (2023). PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU RENGGINANG KETAN DENGAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) PADA UKM SRI REZEKI DI KOTA BANJAR. Jurnal Industrial Galuh, 2(01), 11–18. https://doi.org/10.25157/jig.v2i01.2961

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>