DESAIN KEMASAN PRODUK PADA UKM BERKAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE KANSEI ENGINEERING DI CIPAKU KABUPATEN CIAMIS
DOI:
https://doi.org/10.25157/jig.v7i1.4750Keywords:
kansei engineering, desain, pengemasanAbstract
UKM Berkah bergerak sebagai usaha kecil di wilayah Cipaku, dengan spesialisasi kerajinan olahan makanan ringan. Saat ini, kemasan yang digunakan UKM Berkah masih tergolong konvensional, menggunakan bahan plastik transparan dan tidak memiliki elemen desain yang khas. Kemasan ini dianggap tidak menarik dan tidak cukup dalam memberikan informasi yang dibutuhkan konsumen. Oleh karena itu, sebuah penelitian telah dilakukan untuk merancang desain kemasan produk baru yang ditujukan untuk memikat konsumen dan menumbuhkan keinginan untuk membeli, sehingga mendorong pertumbuhan penjualan yang diharapkan. Titik fokus penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan angka penjualan UKM Berkah melalui penerapan Kansei Engineering Method, yang menerjemahkan emosi dan sentimen manusia ke dalam spesifikasi desain yang nyata. Temuan penelitian diperoleh dari proses analisis data yang komprehensif yang melibatkan beberapa tahapan dan Teori Kuantifikasi Tipe I. Proses ini berpuncak pada pembentukan kemasan spesifikasi desain meliputi atribut berikut: > 2 variasi warna, struktur Kantung Gusset Bagian Bawah, Bahan Plastik, Gambar Pendukung dengan Atribut Unik, dan Model yang menampilkan Sistem Pembukaan Ziplock. Spesifikasi yang ditentukan dengan cermat ini berfungsi sebagai kerangka panduan untuk desain kemasan produk di UKM Berkah