PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA IKM SHERLY COLLECTION DI KOTA BANJAR

Authors

  • Lestari Permata Riyadi Teknik Industri Universitas Galuh
  • Maman Hilman Teknik Industri Universitas Galuh

DOI:

https://doi.org/10.25157/jig.v6i1.3802

Keywords:

Peningkatan Produktivitas Kerja, Pengukuran Kerja Langsung, Perbaikan Metode Kerja, Alat Stopwatch

Abstract

IKM Sherly Collection merupakan salah satu jenis usaha kecil yang memproduksi barang-barang berbahan dasar kain, seperti kemeja yang beralamat di Jl.Ir. Purnomo Sidi, Bojongkantong, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat 46325. Permasalahan yang ditemukan pada IKM Sherly Collection diantaranya tidak dapat mencapai target produksi yang mengakibatkan keterlambatan dalam memenuhi permintaan konsumen, permasalahan ini terjadi karena karyawan masih bekerja setiap saat tolok ukur dan menggunakan metode kerja tanpa memperhatikan kenyamanan dan keamanan sehingga mempengaruhi produktivitas mereka.

Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh standar waktu kerja 66 menit lebih cepat dari waktu standar yang diperoleh pada pengukuran awal yaitu 85,8 menit. Dari perhitungan produktivitas kerja pada pengukuran awal, standar produktivitas kerja adalah 4 satuan/hari. maka dari hasil perhitungan produktivitas kerja adalah 6 unit/hari. Dari perbandingan produktivitas kerja awal dengan model baru, terjadi peningkatan sebesar 2 unit/hari.

Additional Files

Published

2024-03-04

How to Cite

Riyadi, L. P., & Hilman, M. (2024). PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA IKM SHERLY COLLECTION DI KOTA BANJAR. Jurnal Industrial Galuh, 6(1), 25–34. https://doi.org/10.25157/jig.v6i1.3802

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>